312 Dadak Merak Pentas Bareng, MURI catat Rekor Dunia untuk Pemkab Ponorogo

  • Bagikan

Ponorogo, MADIUNRAYA.com
Pemerintah Kabupaten Ponorogo kembali mendapatkan Piagam Penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) karena memrakarsai kegiatan spektakuler dengan menampilkan 312 Dadak Merak secara bersamaan disepanjang Jalan HOS Cokroaminoto dan PB Jenderal Sudirman, Rabu Sore (10/08/2022).

Tak hanya Dadak Merak, Penari Bujangganong dan Penari Jathil juga turut serta memeriahkan acara itu.

Ribuan masyarakat terlihat antusias menyaksikan kegiatan budaya yang masuk agenda Grebeg Suro tahun 2022 itu.

Dalam sambutannya, Kang Bupati Sugiri Sancoko menyampaikan apresiasi kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah mendukungnya sehingga gelaran bersejarah itu bisa terwujud.

“Alhamdulillah, dengan bergotong royong maka Rekor Dunia pagelaran Reog Obyog bisa kita raih di sore hari ini. Ini tidak lepas dari semangat kita semua untuk menguri-uri budaya Adi Luhung dari para Leluhur kita,” ucap Kang Bupati Sugiri Sancoko.

Lebih lanjut, Kang Bupati Sugiri Sancoko menjelaskan bahwa transfer budaya dari lintas generasi terus berlangsung dengan baik.

“Hari ini kita lihat, para penari Jathil, Bujangganong bahkan Pembarong sudah banyak dilakukan oleh para generasi muda kita. Untuk itu, dengan penuh keyakinan maka Seni Reog Ponorogo akan terus lestari,” lanjut Kang Bupati Sugiri Sancoko.

Bupati Ponorogo itu juga menjelaskan bahwa dalam Reog ada beberapa jenis.

“Ada Seni Reog Festival yang ada Kelono Sewandono trah Bantarangin, ada Reog Suryo Ngalam dan ada Seni Reog yang terus berevolusi secara perlahan karena Reog Rakyat, yaitu Reog Obyog. Hari ini kita menampilkan 307 Grup tetapi yang hadir melebihi ekspektasi yaitu 312 Grup Reog. Ini menjadi preseden baik karena sudah menjadi salah satu agenda Grebeg Suro tahun ini. Harapannya bisa meningkatkan perekonomian bagi seluruh seniman dan masyarakat Ponorogo.” Tutup Kang Bupati Sugiri Sancoko.

Sementara Sri Widayati, Representasi MURI yang mewakili Jaya Suprana usai menyerahkan Piagam Penghargaan MURI menyampaikan bahwa pihaknya sangat kagum dengan Ponorogo.

“Kemarin Bujangganong yang dikolaborasikan dengan Penari Sufi, hari ini catatan kami ada 312 Dadak Merak yang tampil bersamaan. Sungguh merupakan tontonan luar biasa. Selain melestarikan budaya juga mampu menciptakan perputaran ekonomi bagi masyarakat Ponorogo. Harapan kami, bisa menjadi inspirasi bagi daerah lainnya di Indonesia.” Tutup Sri Widayati. (ADV/GIE/YAH).

PELIPUT : HARIYOGI WIJANARKO

  • Bagikan