Ponorogo – Portalnews Madiun Raya

Olah Raga Paralayang sudah bukan cabang olah raga yang asing bagi masyarakat Ponorogo.

Setidaknya setelah olah raga yang populer sejak dibukanya Gunung Gede di Desa Tatung Kecamatan Balong Ponorogo yang menjadikan atlit-atlit berbakat terus bermunculan.

Kepala Desa Tatung, Rudi Sugiarto, SE menyampaikan bahwa hingga hari ini banyak bermunculan atlit berbakat olah raga uji nyali tersebut. “Alhamdulillah hari ini kita mengikuti Seleksi Program Sentra Pembibitan Olahraga Paralayang Jatim (puslatda Jatim) under 17 tahun di Batu Malang,” Ucap Rudi.

Seleksi yang berlangsung dua hari tersebut, menurut Rudi sangat penting karena akan mempermudah bagi atlit paralayang asal Ponorogo yang mengikuti kegiatan itu. “Seleksi ini berlangsung dari tanggal 25 hingga 26 September 2021 di Batu Malang. Jika lolos maka mereka akan digembleng menjadi atlit yang profesional dan mampu bersaing di ajang yang lebih bergengsi,” Tambah Rudi Sugiarto.

Diajang tersebut Kabupaten Ponorogo, jelas Rudi, mengirimkan 5 atlet Paralayang. “Empat diantaranya adalah atlit lokal dari Desa Tatung  dan 1 dari Jl Jayakatwang. Mohon doanya semoga lancar dan lolos seleksi semua. Aamiin.”Pungkas Rudi Sugiarto. (Yah/Gin).

Peliput : Yahya Ali Rahmawan

Penyunting : Agin Wijaya

Ponorogo – Portalnews Madiun Raya

Aparat Kepolisian dari Polres Ponorogo  melaksanakan Pengawalan Dan Pengamanan Mobilisasi Alat Berat PT Asia Petrocom Service di Wilped BDE Ngebel Kab Ponorogo, Sabtu (25/09)

Menurut Kapolsek Ngebel AKP Eko Murbianto, Kegiatan pengawalan dan pengamanan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi adanya sabotase dan protes dari karyawan PT APS yang menuntut haknya dari PT BDE (Bakri Darma Energi).

“Selain itu, juga mengantisipasi adanya aksi spontanitas dari warga sekitar yang tidak setuju dengan kegiatan mobilisasi alat berat pada lokasi tersebut,” Ucap Kapolsek Ngebel.

Sementara Kasubag Bin ops  Polres Ponorogo AKP Padang menuturkan bahwa hari ini sebanyak 34 personil diterjunkan untuk giat pengawalan dan pengamanan Mobilisasi Alat Berat PT Asia Petrocom Service di Ngebel.

AKP Padang menjelaskan, pengawalan dan pengamanan tersebut meliputi Penurunan 6 Truck yg sudah dimuat di wellpad Ngebel dan penaikan truck kosong dari bader ke wellpad Ngebel sebanyak 12 Truk dan 2 truck membawa crane dan 5 unit trailer kosong.

“Alhamdulillah, selama pelaksanaan pengawalan dan pengamanan bisa berjalan dengan lancar serta situasi aman kondusif,”Ucap AKP Padang

Kapolsek Ngebel AKP Eko Murbianto, S.H, Kanit IK  Polres Ponorogo Iptu, Kanit Turjawali Sat Samapta Polres Ponorogo Ipda Wawan  dan Kanit Turjawali Sat Lantas Polres Ponorogo Ipda Bagus  S juga turut memonitor kegiatan tersebut.(Yah/Gin).

Peliput : Yahya Ali Rahmawan

Penyunting : Agin Wijaya

Ponorogo – Portalnews Madiun Raya

Sebanyak 300 Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan kelas II B Ponorogo di Jalan Hos Cokroaminoto, disuntik Vaksin jenis Sinovac dosis I Ahad, (26/09/2021).

Kabag Ops Polres Ponorogo Kompol Basuki didampingi Ps. Paur Dokkes Polres Ponorogo Aiptu Imam yang meninjau langsung pelaksanaan serbuan vaksinasi merah putih di LP sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

Kompol Basuki menyampaikan bahwa saat ini TNI-Polri dan Forkopimda Ponorogo terus bersinergi, menggelar percepatan vaksinasi covid 19 kepada semua golongan dengan target menuju Ponorogo Herd Immunity.

“Kegiatan kali ini, kami menyasar warga binaan LP kelas II B Ponorogo, dengan target vaksinasi 300 Dosis I jenis Sinovack, diharapkan segera terbentuknya herd immunity kepada semua golongan masyarakat di Ponorogo, terutama Warga Binaan yang ada disini,” Ujar Kabag Ops Kompol Basuki

Dia berharap, semua element masyarakat ikut mendukung dan mensukseskan percepatan vaksinasi ini dengan mengajak keluarga, teman dan tetangganya yang belum vaksin agar segera memvaksinkan dirinya.

“Saya harap warga tidak lagi takut untuk vaksin, ini aman dan Halal untuk melindungi diri dan orang lain dari penularan Covid 19,” ucapnya

Kompol Basuki juga menghimbau kepada seluruh warga Ponorogo agar tetap patuh Protokol Kesehatan. “Walaupun sudah divaksin agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3 M.” Tutup Kabag Ops Polres Ponorogo. (Yah/Gin).

Peliput : Yahya Ali Rahmawan

Penyunting : Agin Wijaya

Ponorogo – Portalnews Madiun Raya

Satlantas Polres Ponorogo terus menggelar operasi patuh Semeru 2021 dengan membagikan ribuan masker kepada warga masyarakat dibeberapa lokasi wilayah Kabupaten Ponorogo, Ahad (26/09/2021)

Menurut Kasat Lantas Polres Ponorogo, AKP Ayip Rizal kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka mendukung program pemerintah terkait percepatan penanganan kasus Covid 19 di wilayah Kabupaten Ponorogo.

“Selain membagikan masker, beberapa anggota Satlantas Polres Ponorogo juga lakukan edukasi tentang Aplikasi Peduli Lindungi serta cara gunakan masker yang baik dan benar,” Ucap Kasatlantas.

Kasat Lantas juga menjelaskan bahwa kegiatan itu sesuai dengan arahan pimpinan terkait Operasi patuh semeru 2021 yang lebih menitik beratkan  kepada disiplin prokes yang bersifat preemtif dan preventif terutama dalam rangka sosialisasi kepatuhan.

“Karena masih di masa pandemi, hari ini kita  mengedukasi warga serta menghimbau dengan cara persuasif serta membagikan ribuan masker kepada warga dibeberapa lokasi titik kerumunan diantaranya lokasi wisata telaga Ngebel dan pangkalan abang becak juga warung makan diwilayah Ponorogo kota,” Ujarnya

AKP Ayip Rizal juga memohon dukungan dan bantuan kepada seluruh  element masyarakat, agar ikut mensukseskan Ops Patuh Semeru 2021 dengan tetap mematahui protokol kesehatan 3 M.

“Dengan patuh protokol kesehatan maka diharapkan penyebaran covid 19 diponorogo akan bisa di tekan seminim mungkin.” Tutup AKP Ayip Rizal. (Yah/Gin).

Peliput : Yahya Ali Rahmawan

Penyunting : Agin Wijaya 

Ponorogo – Portalnews Madiun Raya

Polres Ponorogo mulai menyalurkan Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung ( BTPKLW ), berupa uang tunai kepada para pedagang kecil, sebesar Rp1,2 juta, bertempat di Aula Polres Ponorogo, Jum’at (24/9).

“Bantuan uang tunai tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat, diamanahkan kepada jajaran TNI-Polri untuk membantu teknis penyalurannnya, dengan tajuk Bantuan Tunai-Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW),” kata Kapolres Ponorogo AKBP Catur C. Wibowo saat meninjau kegiatan tersebut

BTPKLW diberikan dengan tujuan meringankan beban para pedagang kaki lima dan pedagang warung di tengah pandemi Covid-19 atau PPKM.

“Ini program dari pemerintah untuk membantu para pedagang kaki lima dan pemilik warung terdampak masa pandemi saat ini. Masing-masing mendapatkan bantuan tunai sebesar Rp1,2 juta,” katanya

Ia mengatakan, untuk penyaluran awal ini sebanyak 183 pedagang kecil, telah terdaftar dan dinyatakan layak dengan memenuhi indikator, telah ditentukan penerima BTPKLW.

Perwira dua melati dipundaknya ini mengatakan, berdasarkan data, nantinya Polres Ponorogo akan membantu pemerintah untuk menyalurkan BTPKLW dengan target kepada 3500 pedagang kecil, diperkiran awal November bantuan harus sudah tersalurkan.

“Namun untuk menghindari kerumunan, kami menyalurkan secara bertahap sampai Awal bulan depan,” katanya.

Lebih lanjut, Kapolres Ponorogo mengatakan, BTPKLW diberikan kepada pedagang kecil, belum pernah mendapat bantuan sosial sama sekali dari pemerintah, termasuk Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM).

“Syarat tersebut merupakan indikator utama bagi pedagang dapat menerima BTPKLW, ” ujarnya.

Dari data pedagang kaki lima dan warung telah dikumpulkan oleh para Bhabinkamtibmas tersebar di wilayah hukum Polres Ponorogo, pihaknya akan melakukan verifikasi.

“Kami verifikasi, untuk menentukan, layak tidaknya sebagai calon penerima,” ujarnya.

Kapolres Ponorogo, berharap agar BTPKLW  dapat dimanfaatkan sebaik baiknya oleh para pedagang kecil di tengah pandemi Covid-19, belum bisa diprediksi kapan akan berakhir.

“Tak lupa agar semua masyarakat dan juga pelaku usaha di wilayah kota Ponorogo selalu menerapkan protokol kesehatan demi memutus penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (Yah/Gin).

Peliput : Yahya Ali Rahmawan

Penyunting : Agin Wijaya

Ponorogo – Portalnews Madiunraya

Seorang anak yang masih duduk di kelas VI SD bernama Rival Fahri pada hari ini Kamis (23/09/2021) sekira pukul 15.30 Wib, ditemukan meninggal dunia yang diduga karena tenggelam di sungai atau Kedung Blabakan Mbah Anom yang berlokasi di Dukuh Asem Growong, Desa Japan, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo.

Iptu Yudi Kristiawan, Kapolsek Babadan menuturkan bahwa pihaknya segera meluncur ke lokasi begitu ada laporan dari warga tentang kejadian itu. “Korban atas nama Rival Fahri, (12), yang bersangkutan merupakan pelajar kelas 6 SD, dan beralamatkan di Dukuh Plampitan RT 04 RW 01 Kelurahan Setono, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo,”Jelas Kapolsek.

Untuk Kronologisnya, pada hari ini Kamis tgl 23 September 2021, sekira pukul 15.30 wib, korban bersama kedua temannya mandi di di Dukuh Asem Growong, Desa Japan, Kecamatan Babadan. “Sekira 15 menitan mandi dan berenang ditengah sungai, kedua teman korban menepi untuk istirahat, namun saat itu tidak melihat keberadaan korban. Setelah dicari dan dipanggil2 korban tidak muncul kepermukaan. Mengetahui hal tersebut saksi teriak-teriak  meminta tolong warga sekitar.  Selanjutnya warga sekitar datang untuk memberikan bantuan dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Babadan,”Urai Iptu Yudi.

Setelah dilakukan pencarian selama kurang lebih 1 jam, akhirnya korban ditemukan berada di dasar sungai dalam keadaan meninggal dunia. “Selanjutnya jenasah di bawa ke Puskesmas Setono Jenangan untuk dilakukan pemerikasaan medis/Ver luar,” terang Kapolsek.

Dari TKP, petugas membawa barang bukti berupa 1 potong celana dalam warna cokelat. “Berdasarkan olah TKP, tidak diketemukan adanya tanda-tanda penganiayaan dan korban meninggal dunia diduga karena tenggelam,”ujar Iptu Yudi.

Berdasarkan keterangan dari warga sekitar sungai tersebut memang sering digunakan untuk mandi apabila sedang musim kemarau.

“Kedalaman sungai atau TKP kurang lebih 3 (tiga) meter. Atas kejadian tersebut pihak keluarga sudah menerima dengan ikhlas dan menganggap sebagai musibah, serta tidak bersedia dilakukan outopsi dibuktikan dengan surat pernyataan. Selanjutnya jenasah di serah terimakan kepada pihak keluarga untuk disemayakan sebagaimana mestinya.”Pungkas Kapolsek Babadan. (Yah/Gin).

Peliput : Yahya Ali Rahmawan

Penyunting : Agin Wijaya

Ponorogo – Portalnews Madiun Raya

Diduga rapuh, sebuah rumah didukuh Krajan RT 001 RW 002 Desa Prajegan, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo roboh, pada Kamis Malam, (23/09/2021).

Rumah milik Jimin (75) itu diduga mengalami kerapuhan sehingga roboh karena sudah tidak kuat menahan beban.

Menurut saksi mata, Imam Bueni, pada hari Kamis tanggal 23 September 2021 pukul 22.05 wib korban sedang menonton tv diruang tengah, Tiba tiba atap rumah roboh, yang mana sebelumnya tidak ada tanda-tanda. “Tiba-tiba atap rumah roboh dan menimpa Ibu Tukiyem (Istri Pak Jimin), Tumini (anak Pak Jimin) dan Harmin (Cucu Pak Jimin), ketiga orang ini tertimpa material dan mengalami luka,”Ucap Imam Bueni.

Lebih lanjut Imam menjelaskan bahwa ketiganya dibawa ke Rumah Sakit untuk mendapatkan perawatan. “Bu Tukiyem mengalami luka luka pada bagian badan dan muka. Bu Tumini mengalami luka luka bagian kepala, kaki, tangan, badan dan muka. Dan, Harmin mengalami luka luka bagian kaki, tangan, para bagian badan muka,”Lanjut Imam Bueni.

Imam juga menyampaikan bahwa menurut keterangan empunya rumah, kediamannya itu dibangun pada tahun 1991. “Jadi dibangun pada tahun 1991 dan belum mengalami rehab,”ujarnya.

Sehingga dengan kejadian itu diperkirakan kuda-kuda rumah dengan bahan kayu mengalami rapuh.”Kerugian materiil diperkirakan 20 – 25 Juta Rupiah. Aparat kepolisian dan TNI serta warga sekitar bersama memberikan bantuan dan pertolongan kepada keluarga tersebut.”Pungkas Imam Bueni. (Yah/Gin)

Peliput : Yahya Ali Rahmawan

Penyunting : Agin Wijaya

Surabaya – Portalnews Madiun Raya

Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2021 yang digelar PT Astra Honda Motor (AHM) menuai hasil yang membanggakan, pasalnya Hendri Nurcahyo dari SMK Negeri 1 Badegan, Ponorogo, Jawa Timur merupakan guru SMK binaan PT. Mitra Pinasthika Mulia ( MPM Honda Jatim ) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim & NTT menjadi pemenang ajang kontes Kreasi mengajar dari guru SMK binaan tersebut pada Kamis (23/9),

Hendri Nurcahyo, pemenang pertama Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2021 mengungkapkan rasa syukur atas pencapaian yang diraih dalam kontes ini. Ia pun berharap bahwa pencapaian ini dapat menjadi motivasi untuk terus berkarya melalui kreativitas mengajar yang dapat meningkatkan semangat siswa-siswanya.

“Sebenarnya yang saya lakukan hanya terus berupaya meningkatkan semangat belajar siswa meskipun belajar secara daring. Namun melalui kontes ini, saya dapat mengasah keterampilan mengajar yang saya miliki, hingga saya pun mendapatkan apresiasi,” Ujar Pak Hendri, yang merupakan guru Teknik Otomotif di SMK Negeri 1, Badegan, Ponorogo, Jawa Timur.

Ajang kreasi guru SMK ini memberikan inspirasi dalam mengelola materi ajar yang menarik dan efektif bagi siswa sehingga menghasilkan pendidikan vokasi yang berkualitas.

“Selamat kepada Pak Hendri atas prestasi yang diraih. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi guru – guru dan sekolah yang lainnya. Dan metode yang sudah diterapkan dapat membantu proses belajar mengajar. ” kata Hatmarto selaku HR & GA Division Head MPM Honda Jatim

Pada seleksi regional, kontes ini diikuti oleh 2.007 tenaga pengajar SMK yang menerapkan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda di seluruh Indonesia selama periode Juni – Agustus 2021 dan minimal telah mengikuti pelatihan modul dasar. Ajang ini berhasil menyeleksi 27 guru terbaik perwakilan berbagai provinsi yang siap bersaing di level nasional. Dihelat pada 23-28 Agustus 2021 secara daring, terpilih 3 guru inspiratif dengan kreasi mengajar terbaik.

Menuju fase seleksi nasional, seluruh finalis mendapatkan pengayaan kompetensi pembelajaran secara daring dari tim Learning Center AHM. Saat memasuki seleksi nasional, penilaian melibatkan tim juri yang merupakan profresional trainer, tim technical AHM, tim Learning Center AHM serta juri dari kalangan profesional untuk melakukan penilaian video tutorial.

Dalam menguji proses mengajar, para guru peserta kontes wajib membuat video bahan ajar berdurasi 30 menit dan membawakan materi ajar yang sesuai kurikulum SMK TBSM. Para peserta dinilai berdasarkan materi ajar yang dibuat, cara membawakan materi, dan kesesuaian materi ajar dengan kurikulum. Untuk video tutorial terkait teknologi sepeda motor Honda, penilaian dilihat dari sisi kualitas, konten video, dan cara mempresentasikan materi ajar dengan durasi video 10 menit.

GM Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan ajang kreasi mengajar ini merupakan wujud komitmen perusahaan dalam mendukung pengembangan kompetensi guru di masa pandemi yang mengajar dengan metode daring. Transisi proses pembelajaran tatap muka yang saat ini mulai dilakukan secara bertahap pun tetap membutuhkan kompetensi guru yang mumpuni dalam mengombinasikan metode ajar daring dan tatap muka yang terbaik bagi siswa.

“Kami ingin terlibat langsung menjaga semangat belajar di dunia vokasi dengan kompetisi ini. Kami berharap ajang ini dapat menjadi inspirasi bagi guru-guru yang lain dalam melakukan proses belajar mengajar yang efektif di masa pandemi,” ujar Muhibbuddin.

SMK Binaan yang Teruji
Program pengembangan pendidikan vokasi telah dilakukan AHM sejak tahun 2010 dengan mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum TBSM Astra Honda. Saat ini, AHM telah memiliki 694 SMK binaan Astra Honda yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia, dan tercatat 3.462 guru produktif di seluruh SMK TBSM Astra Honda. Selain itu, terdapat 60 Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang dapat dimanfaatkan oleh siswa SMK binaan Astra Honda yang ingin melakukan sertifikasi kompetensi. Siswa dari SMK mitra binaan AHM juga mendapatkan materi pembelajaran dalam bentuk teori, praktik, dan praktik kerja industri (Prakerin) langsung di jaringan bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS)

“Perkembangan dunia vokasi serta kebutuhan industri harus selalu seimbang, sehingga link and match dapat terwujud dengan sinergi yang telah kami lakukan sejak 2010,” tutup Muhibbuddin.

Tidak Ada Postingan Lagi.

Tidak ada lagi halaman untuk dimuat.