,

Tempat Pemujaan Lingga dan Yoni Desa Pintu Jenangan diresmikan sebagai Situs Purbakala

oleh -Dibaca oleh : 30601 Pemirsa
Situs Lingga dan Yoni diresmikan Kang Bupati Sugiri sebagai Situs Purbakala di Desa Pintu Jenangan Ponorogo
Situs Lingga dan Yoni diresmikan Kang Bupati Sugiri sebagai Situs Purbakala di Desa Pintu Jenangan Ponorogo

Ponorogo – MADIUNRAYA.COM

Bupati Ponorogo, Kang Bupati Sugiri Sancoko meresmikan situs purbakala di Desa Pintu Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo, Ahad (06/02/2022).

Situs tersebut berupa Lingga dan Yoni, yang dahulu kala merupakan tempat pemujaan.

“Dengan ditemukannya banyak situs purbakala di Ponorogo tentu menjadi nilai plus sekaligus suatu pertanda jika memang Bumi Reog memiliki segudang sejarah yang semua belum terungkap,”ucap Kang Bupati Sugiri Sancoko.

Lingga Yoni pada dasarnya merupakan tempat pemujaan. Lingga Yoni merupakan simbol laki-laki dan perempuan. Namun, bukan berarti tidak memiliki makna lantaran justru mengandung banyak filosofi kehidupan.

“Hari ini telah dijadikan sebuah situs wisata, saya berharap Lingga dan Yoni menjadi hakikat kehidupan. Selain itu, saya berharap dari waktu-ke waktu akan ditemukan situs purbakala yang lainnya,” tambah Kang Bupati.

Ponorogo dengan segudang sejarah purbakala era silam tentu tidak hanya ditemukan di Desa Pintu saja tetapi daerah Ponorogo lain. Namun, ketika di Pintu sudah diresmikan tentu diharapkan nantinya bisa menjadi museum peradaban kecil yang mampu menginspirasi tempat lain.

“Kedepan tidak hanya koleksi (Lingga Yoni.red) yang akan menciptakan mitos saja tapi ada ruang edukasi, penalaran, literasi yang komplit agar Pintu menjadi museum peradaban kecil,” pungkasnya.

Dengan diresmikannya situs purbakala di Desa Pintu Kecamatan Jenangan, Ahad(6 /2/2022) menjadi bukti keseriusan Pemerintah Kabupaten untuk mengelola dengan baik.

Hadir juga dalam kegiatan itu, beberapa tokoh penting mulai dari Ina Amalia anggota DPR RI, Dinas pariwisata, Camat Jenangan hingga Perangkat Desa setempat.

Sementara dari Laman PHDI.OR.ID, pengertian Lingga adalah menyerupai alat kelamin laki-laki karena bentuknya seperti Phallus lambang kesuburan pada masa Tradisi Megalithik, dan dalam perkembangan Hindu merupakan simbol dari Dewa Siwa. Lingga berfungsi sebagi penyalur air pembasuh arca.

Pengertian Yoni adalah menyerupai vagina alat kelamin dari wanita, yang merupakan lambang kesuburan pada masa prasejarah. Pada masa perkembangan Hindu Yoni merupakan simbol dari Dewi Parvati istri dari Dewa Siwa. Yoni adalah tumpuan bagi lingga atau arca.

Bersatunya Lingga dan Yoni adalah pertemuan antara laki-laki (Purusa) dan wanita (Pradhana) yang merupakan lambang kesuburan, sehingga muncul kehidupan baru (kelahiran).

Oleh sebab itu pemujaan akan lingga dan yoni yang merupakan bersatunya Dewa Siwa dan Dewi Parvati adalah suatu berkah bagi masyarakat masa lampau, sehingga biasanya lingga-yoni ini diletakkan di wilayah pertanian atau pemujaan para petani kala itu. (red)

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.