Tugu Silat Pagar Nusa dirobohkan oleh Anggotanya Sendiri

  • Bagikan

Nganjuk, MADIUNRAYA.com

Sebagai bentuk ketaatan kepada Pemerintah, anggota PSNU Pagar Nusa Ranting Rowoharjo PAC Prambon, Nganjuk dengan suka rela membongkar sendiri tugu perguruan pencak silatnya.

Kapolres Nganjuk AKBP Muhammad, S.H., S.I.K., M.Si., memberikan apresiasi atas kegiatan itu.

“Tugu perguruan pencak silat tersebut terletak di jalan umum penghubung Desa Baleturi – Sugihwaras tepatnya di Dusun Balerejo, Desa Rowoharjo. Alhamdulillah, hari ini dibongkar dengan disaksikan oleh Forkopimcam Kecamatan Prambon, Pimdes Rowoharjo dan perwakilan anggota PSNU Pagar PAC. Prambon sebanyak 10 orang, ” Ucap Kapolres pada Jum’at (11/8/2023).

Kapolres memberikan apresiasi atas pembongkaran ini.

“Mereka secara suka rela mematuhi surat edaran dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Jawa Timur,” kata AKBP Muhammad.

Surat Edaran Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Jawa Timur Nomor ; 300/5984/209.5/2023 tertanggal 26 Juni 2023 tentang pembongkaran tugu, patung dan atau simbol perguruan silat di wilayah Jawa Timur secara mandiri.

Kapolres berharap langkah ini juga akan diikuti oleh pengurus perguruan pencak silat yang lain diseluruh wilayah Kabupaten Nganjuk.

“Hal ini semata-mata demi terpeliharanya keamanan dan ketertiban masyarakat.” Tutupnya.

Sementara itu Slamet Dwi Prayitno selaku ketua PSNU Pagar Nusa PAC Prambon mengatakan langkah yang diambil oleh pihaknya sudah melalui rembuk antara pengurus dan warga setempat.

“Sudah ada titik temu antara pengurus dan warga sekaligus anggota perguruan di tingkat desa sehingga pembongkaran tugu ini berjalan aman dan kondusif,” kata Slamet.

Ia juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada Forkopimcam Prambon dan aparat keamanan yang sigap mengawal pembongkaran tugu pencak silat tersebut dan berharap akan diikuti oleh semuanya. (Red).

  • Bagikan