,

Mainkan Lakon Begawan Ciptaning, Dalang Bocah dari SMPN 1 Ponorogo akan tampil di Festival Dalang Bocah Nasional 2022

oleh -75 views
Kang Bupati Sugiri Sancoko bersama Dalang Cilik, Fatih Assegaf dari SMPN 1 Ponorogo yang akan berlomba dalam Festival Dalang Bocah Nasional
Kang Bupati Sugiri Sancoko bersama Dalang Cilik, Fatih Assegaf dari SMPN 1 Ponorogo yang akan berlomba dalam Festival Dalang Bocah Nasional

Ponorogo, MADIUNRAYA.com
Namanya Muhammad Fatih Assegaf. Pelajar SMPN 1 Ponorogo itu bersama dengan teman-temannya pengrawit dan sinden dari sekolahnya akan tampil di Festival Dalang Bocah tingkat Nasional 2022 yang digelar Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi).

Dia mewakili Provinsi Jawa Timur setelah berhasil menjuarai Festival Dalang Bocah tingkat Provinsi Jawa Timur yang digelar beberapa waktu yang lalu.

Kang Bupati Sugiri Sancoko, Bupati Ponorogo mengaku bangga dengan prestasi yang diraih oleh Muhammad Fatih Assegaf.

“Ini membuktikan bahwa Ponorogo tidak pernah kering dengan seniman – seniman muda yang mencintai dan menguasai kesenian tradisional. Salah satunya wayang kulit, kesenian adiluhung warisan nenek moyang nusantara,” ucap Kang Bupati saat ditemui oleh Fatih, Selasa (20/09/2022).

Kepada Fatih dan teman-temannya, Kang Bupati Sugiri Sancoko menyampaikan ia selalu kagum dan bangga dengan anak-anak muda yang mencintai dan menguasai kesenian tradisional.

“Saya berharap Fatih dan kawan-kawan mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya dan berhasil membawa pulang juara,” ucap Kang Bupati.

Sementara Kepala Sekolah SMPN 1 Ponorogo, Imam Mujahid menyampaikan bahwa persiapan matang telah dilakukan oleh anak didiknya menghadapi festival ini.

“Saat festival nanti, lanjut Imam Mujahid, seniman cilik asal SMPN 1 Ponorogo ini akan memainkan lakon “Begawan Ciptaning”,” jelasnya.

Dengan semua persiapan yang telah dilakukan, ia menargetkan anak didiknya berhasil membawa piala kemenangan ke Bumi Reog.

“Untuk itu, saya meminta doa kepada masyarakat Ponorogo agar harapan tersebut bisa diberi jalan oleh Tuhan Yang Maha Esa.” Tutupnya.

Muhammad Fatih Assegaf, sebelumnya dikenal sebagai salah satu dalang cilik terkenal asal Ponorogo yang sering mengharumkan nama Kota Reog. Terkini, bersama dengan teman-temannya pengrawit dan sinden dari SMPN 1 Ponorogo, Fatih berhasil menjuarai Festival Dalang Bocah tingkat Provinsi Jawa Timur.
Dengan keberhasilan ini, Fatih Assegaf dan kawan-kawan berhak mewakili Jawa Timur pada Festival Dalang Bocah tingkat Nasional 2022 yang digelar Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) .

Kegiatan itu digelar di Jakarta, 22 – 24 September 2022, mereka akan bersaing dengan para dalang cilik perwakilan dari Provinsi seluruh Indonesia. (red)

No More Posts Available.

No more pages to load.