103 Aparat Gabungan SIAGA, Operasi Keselamatan Semeru 2022 di mulai

  • Bagikan

Ponorogo – MADIUNRAYA.COM

Operasi Keselamatan Semeru 2022 resmi dimulai tanggal 01 Maret 2022 hingga 2 pekan kedepan.

Kapolres Ponorogo AKBP Catur Cahyono Wibowo, memimpin apel gabungan gelar pasukan Operasi “Keselamatan Semeru 2022” di halaman Polres Ponorogo, Selasa ( 01/03/2022 ).

Kegiatan tersebut menurut Kapolres merupakan cipta kondisi kamseltibcarlantas menjelang Idul Fitri 1442 H Tahun 2022 di tengah Pandemi Virus (Covid-19) di Kabupaten Ponorogo.

Kapolres Ponorogo AKBP Catur juga menuturkan bahwa pada pelaksanaan operasi keselamatan tahun 2022 ini dilaksanakan selama 14 hari, mulai tanggal 1 Maret sampai dengan 14 Maret 2022 dengan melibatkan personil sebanyak 3.879 seluruh jajaran Polda Jawa Timur.

“Sedangkan di Ponorogo sendiri melibatkan sebanyak 103 personil Polres Ponorogo dan selebihnya personil dari TNI, Dishub dan Satpol PP,” ujar AKBP Catur Cahyono Wibowo.

Kapolres juga mengungkapkan bahwa operasi Semeru 2022 ini mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis dan persuasif dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa Pandemi Covid 19 serta menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H/2022.

“Namun demikian juga tetap dilaksanakan tindakan represif terhadap pelanggaran yang menimbulkan fatalitas kecelakaan seperti tidak pakai helm, melebihi batas kecepatan, pengemudi dibawah umur, tidak memakai safety belt, pengemudi mabuk (alkohol), menggunakan HP saat berkendara, melawan arus, over dimensi dan over load,” ungkapnya.

Penindakan tersebut untuk meningkatkan kesadaran serta kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas.

“Untuk mencapai Keamanan dan Keselamatan harus ditekankan empat hal, pertama, laksanakan deteksi dini dan deteksi aksi terhadap seluruh potensi kerawanan terkait kamseltibcarlantas dan penyebaran covid-19 agar pelaksanaan operasi dapat optimal dan tepat sasaran. Kedua, Laksanakan kegiatan edukasi kamseltibcarlantas kepada masyarakat secara intens khususnya kepada kaum milenial sehingga dapat menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. Ketiga, Lakukan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi secara intens dengan berbagai pihak dalam rangka kegiatan penanganan kepulangan PPLN/PMI yang akan masuk ke jawa timur dan sosialisasi 5m, serta akselerasi vaksinasi.

Keempat, Jaga kesehatan dan tetap pedomani protokol kesehatan serta tingkatkan kewaspadaan dalam menjalankan tugas guna antisipasi adanya aksi teror dari pihak yang tidak bertanggung jawab.” Tutup Kapolres Ponorogo, AKBP Catur Cahyono Wibowo. (yah/gin).

Peliput : Yahya Ali Rahmawan

Penyunting : Agin Wijaya

  • Bagikan