Yes, Desa Ngreco Tegalombo kini tidak lagi BLANK SPOT

oleh -Dibaca oleh : 30141 Pemirsa
Peralatan Internet di Desa Ngreco yang menjadikan desa itu kini tidak lagi Blank Spot
Peralatan Internet di Desa Ngreco yang menjadikan desa itu kini tidak lagi Blank Spot

Pacitan – MADIUNRAYA.COM
Sebanyak 270 KK yang tersebar di Desa Ngreco Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan kini bisa menikmati jaringan internet yang cukup cepat dan stabil.

Itu terjadi setelah Icon+, anak perusahaan PLN yang bergerak dibidang internet melakukan ekspansi yang diinisiasi oleh PT Lentera Digital Nusantara didaerah tersebut.

Menurut Kepala Desa Ngreco, Susilo Hadi, dulunya Desa Ngreco merupakan daerah yang sulit sinyal atau Blank Spot.

“Dari 12 desa yang ada di Kecamatan Tegalombo, Desa Ngreco yang paling sulit akses komunikasinya. Semua operator seluler tidak bisa menjangkau didaerah kami,” jelas Ulil, panggilan akrabnya kepada Pacitanku.com.

Beberapa Kepala Desa sebelumnya, Ulil melanjutkan, pernah bersiap untuk membangun tower salah satu operator seluler.

“Sudah melakukan perjanjian dan mempersiapkan lahan, namun hal itu tidak terealisasi. Kemudian kami memakai jasa internet tembak, namun kecepatan masih sangat kurang. Tetapi hal itupun sangat membantu akses komunikasi kami. Baru setelah saya menjabat, saya memiliki visi dan misi yaitu Desa Ngreco Pintar. Dari Dana Desa, kami anggarkan untuk mewujudkan internet yang stabil. Kami menggandeng PT LDN dan Icon+ untuk membangun jaringan internet didesa kami,” urai Kades Ngreco tersebut.

Setelah hampir 4 bulan pembangunan infrastruktur internet didesanya, kini menurut Ulil, bisa menikmati jaringan internet yang cukup stabil dan lancar.

“Alhamdulillah, kami sekarang bisa menikmati akses internet yang cukup cepat dan stabil. Ini sangat membantu kami untuk berkomunikasi dan mengerjakan pekerjaan di desa yang sebagian besar secara online. Anak-anak kami yang masih pelajar juga bisa memanfaatkan akses ini. Kami sangat bersyukur sekali. Kedepan, kami akan terus mengembangkan agar Desa Ngreco bisa lebih maju dalam hal perekonomian melalui akses digital. Seperti pemasaran online produk-produk lokal dari desa kami.” Pungkas Ulil Susilo Hadi.

Sementara menurut salah satu warga, Katri Siswanto, dirinya sangat senang saat akses internet yang cukup cepat dan stabil bisa terwujud didesanya.

“Dulu kalau berkomunikasi cukup sulit mas. Lalu kami menggunakan WiFi Tembak, namun untuk membuka Internet di Laptop masih sangat lambat. Namun dengan jaringan Icon+ ini bisa mengatasi kendala itu. Kini kami bisa melihat YouTube tanpa kluwer-kluwer (buffering) lagi,” ucap Katri yang merupakan salah satu Ketua RW di Dusun Krajan Desa Ngreco.

Pun dengan Mbah Parno, warga Desa Ngreco diwilayah atas juga menyampaikan kegembiraannya.

“Dulu itu susah mas kalau mau telpon keluarga yang di Jakarta harus ke Tegalombo dulu, karena disini tidak ada sinyal. Tetapi kini sampun sae (sudah bagus). Semoga nanti tetap lancar terus.” Ucapnya sambil tersenyum. (yah/gin).

Peliput : Yahya Ali Rahmawan

Penyunting : Agin Wijaya

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.