Puncak Hari Jadi ke 277 Pacitan, Gubernur Khofifah serahkan Pusaka kepada Bupati Pacitan

  • Bagikan

Pacitan – MADIUNRAYA.COM

Peringatan puncak Hari Jadi Kabupaten Pacitan ke 277 dilangsungkan dengan sederhana namun penuh kekhidmatan.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa turut menghadiri agenda tahunan tersebut yang dilangsungkan di Pendopo Kabupaten Pacitan, Sabtu (19/02/2022).

Diawali dengan prosesi mengarak Bupati Indrata Nur Bayu Aji bersama dengan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pacitan, Efi Suraningsih dari Halaman Wingking menuju Pendopo Kabupaten, puncak prosesi tersebut adalah saat Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyerahkan dua pusaka yaitu Keris dan Tombak kepada Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayu Aji.

Dalam wawancaranya, Bupati Pacitan menjelaskan bahwa dalam Hari Jadi Pacitan ke 277 ini, tema yang diusung adalah Pacitan Tumandang.

“Ini artinya adalah ajakan bagi kita semua, untuk berbenah dan bekerja agar cita-cita masyarakat Pacitan yang bahagia dan sejahtera bisa terwujud, itu intinya,” ucap Bupati Aji, panggilan akrabnya.

Lebih lanjut Bupati juga menjelaskan bahwa salah satu prosesi yang dilakukan dalam peringatan Hari Jadi tersebut adalah memberikan nama ruangan yang ada dari depan pendopo hingga ke belakang dengan nama Bupati – Bupati Pacitan yang terdahulu.

“Ini adalah bentuk penghargaan kepada para Pemimpin di Pacitan terdahulu dengan mengabadikan nama mereka dalam ruangan-ruangan yang ada di Pendopo ini dari depan hingga belakang,”tambah Bupati Aji.

Kedepan, Bupati Aji berharap agar masyarakat Pacitan tetap adem ayem dan guyup rukun serta bekerja keras dalam mewujudkan cita-cita bersama. “Yaitu Pacitan yang lebih maju, Masyarakatnya Sejahtera dan Bahagia.” Pungkas Bupati Aji.

Sementara Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan tema Hari Jadi ke 277 Pacitan sangatlah tepat.

“Pacitan tumandang itu artinya siap bekerja keras memberikan spirit dan optimisme bagi seluruh warga Pacitan untuk siap bekerja keras diikuti kerja profesional masih harus diikuti dengan transformasi digital dalam peringatan HUT ke 277 Pacitan. Ini yang akan memajukan Pacitan,”Ucap Khofiffah seusai acara.

Kemudian Khofifah melanjutkan bahwa selain itu, semangat bersinergi dan berkolaborasi akan menjadi bagian penting untuk kemajuan Pacitan berikutnya.

“Ada potensi yang sangat luar biasa yaitu koneksitas Pacitan dengan Jogja dan Jawa Tengah, kemudian Pacitan dengan daerah mataraman lain. Ini harus terjalin dengan baik. Selain koneksitas, publisitas juga harus terus dilakukan agar potensi yang sangat luar biasa dibidang Pariwisata bisa tereksplorasi dengan baik,” lanjut Khofiffah Indar Parawansa.

Hal tersebut, lanjut Khofifah, merupakan PR Pemerintah Kabupaten Pacitan dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Semangat bersinergi dan berkolaborasi inilah yang harus kita jaga bersama demi kemajuan Pacitan.”Pungkas Gubernur Khofiffah Indar Parawansa. (yah/gin).

Peliput : Yahya Ali Rahmawan

Penyunting : Agin Wijaya

  • Bagikan