,

Menteri Erick Thohir DUKUNG Reyog menjadi Budaya Dunia milik Ponorogo

oleh -Dibaca oleh : 30417 Pemirsa

Ponorogo – MADIUNRAYA.COM

Usai menjadi Keynote Speaker dalam Seminar Nasional di IAIN Ponorogo, Menteri BUMN, Erick Thohir berkesempatan menyaksikan pertunjukan Seni Reyog Ponorogo di Monumen Bantarangin, Sabtu (05/02/2022).

Puluhan Dadak Merak bersama para punggawanya yang dikolaborasikan dengan Seni Jaranan Thek memainkan irama dan gerak tari indah dipandang.

“Reyog Milik Indonesia”, adalah Tema yang diusung dalam pertunjukan itu.

Kang Bupati Sugiri Sancoko yang memberikan sambutan meminta do’a dan dukungan agar Seni Reyog Ponorogo segera menjadi budaya yang diakui oleh Dunia dan menjadi milik Indonesia.

“Kami juga bermimpi untuk menjadikan Bukit Gamping di Sampung menjadi Patung Reyog Raksasa. Dibawahnya ada Museum Kehidupan. Dengan begitu maka akan mengundang banyak wisatawan sehingga UKM di Ponorogo bisa merasakan peningkatan kesejahteraan,” ucap Kang Bupati Sugiri.

Sementara Menteri BUMN, Erick Thohir menyampaikan bahwa dirinya sangat mendukung Reyog Ponorogo agar menjadi budaya dunia yang menjadi milik Ponorogo.

Atraksi Anak Silat Ponorogo di Depan Menteri Erick Thohir

“Indonesia memiliki kekayaan yang beragam tentang budaya, makanan, pakaian dan adat istiadat yang lainnya. Untuk itu kami sangat mendukung agar budaya lokal Ponorogo ini yaitu Seni Reyog Ponorogo mendapat pengakuan dari dunia dan merupakan milik Ponorogo,” ucap Menteri Erick Thohir yang disambut dengan tepuk tangan dari hadirin.

Selanjutnya, Menteri Erick Thohir menyampaikan bahwa selama ini, sebelum Pandemi, kunjungan wisatawan asing ke Indonesia hanya 22%.

“Selebihnya, yaitu 78% merupakan wisatawan domestik. Namun selama ini regulasi yang mengatur wisatawan lokal belum kita maksimalkan. Untuk itu kedepannya harus dibangun ekosistem yang bagus agar wisatawan puas, UKMM laris dan masyarakat bisa bertambah sejahtera, dalam hal ini Reyog harus menjadi pemicu kebangkitan UMKM di Kabupaten Ponorogo,” tambahnya.

Untuk peran Kementerian BUMN, Erick Thohir menyampaikan bahwa pihaknya telah berkolaborasi mendukung peningkatan kunjungan wisatawan di beberapa tempat. “Di Lampung, Riau, Toba dan lainnya kami telah berkolaborasi. Saya berharap, kedepan agar Ponorogo bisa mengambil bagian tentang hal ini, ” ucap Menteri Erick Thohir.

Dalam kesempatan itu, Menteri Erick Thohir menerima Cinderamata dan juga lukisan dari Seniman Ponorogo. Selain itu, Menteri Erick Thohir juga naik kepala Singo Barong. (yah/gin).

Peliput : Yahya Ali Rahmawan

Penyunting : Agin Wijaya

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.