Terungkap, Alm Ani Yudhoyono yang usulkan Museum SBY dibangun di Pacitan

  • Bagikan

Pacitan, MADIUNRAYA.com

Membangunan Museum Kepresidenan menjadi keinginan kuat dari Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden RI ke 6 setelah melakukan kunjungan ke Amerika Serikat dan melihat secara langsung Museum Kepresidenan yang ada di negeri Paman Sam itu.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ossy Dermawan, Direktur Eksekutif Museum SBY dan Galeri Seni Ani saat Pers Release persiapan peresmian Museum SBY dan Galeri Seni di Pendopo Kabupaten Pacitan, Sabtu (12/08/2023).

Menurut Ossy, saat itu rencana pembangunan bukan di Pacitan.

“Rencana awal akan dilakukan di daerah Sentul yang dekat dengan Jakarta. Namun ketika Ibu Ani Yudhoyono sakit dan dirawat di Singapura, Beliau meminta agar pembangunan Museum SBY dan Galeri Seni Ani segera dilakukan. Untuk tempat, Almarhum Ibu Ani mengusulkan agar di bangun di Pacitan, ” Ungkap Ossy Dermawan.

Lebih lanjut, Ossy Dermawan menerangkan, setelah mengamini permintaan Almarhum Ibu Ani, maka Groundbreaking dilakukan pada Februari 2020.

“Bulan Mei 2020 mulai pembangunan dan selesai pada tahun 2023 ini. Setelah melihat hari baik, Bapak SBY memutuskan bahwa peresmian dilakukan pada Kamis (17/08/2023) pukul 19.30 WIB, ” Tambah Ossy Dermawan.

Direktur Eksekutif Museum SBY dan Galeri Seni Ani itu juga menyebutkan jika prosesi peresmian Museum tersebut merupakan ungkapan rasa syukur Pak SBY karena telah berhasil membangun Museum Kepresidenan dengan melewati masa Covid 19.

“Selain itu, Beliau bisa menjalankan amanah dari Almarhumah Ibu Ani Yudhoyono untuk membangun Museum Kepresidenan di tanah kelahiran yaitu di Pacitan, ” Jelasnya.

Ossy berharap, Museum SBY dan Galeri Seni Ani yang menampilkan nilai edukasi dan entertainment bisa menjadi inspirasi generasi muda saat ini.

“Seorang putra Pacitan asli yang lahir pada tahun 1949 bisa meniti karir dari satu titik ke titik yang lainnya hingga menjadi Pemimpin tertinggi di negeri ini selama dua periode. Ini harus bisa menjadi inspirasi bagi generasi saat ini. Rekam jejak pengabdian dan karya Pak SBY secara lengkap akan tersaji di Museum SBY dan Galeri Seni Ani ini. ” Tutup Ossy Dermawan. (Red)

  • Bagikan