Peringati HUT Ponorogo ke 527, 320 Dadak Merak Parade di Alun-alun

  • Bagikan

Ponorogo, MADIUNRAYA.com
Dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Ponorogo ke 527 tahun, sebanyak 320 Dadak Merak dari 21 Kecamatan di Bumi Reyog, melakukan parade atau tampil bareng di Alun-alun Ponorogo, Kamis (10/08/2023).

Parase tersebut diberikan nama Serenade Reog Obyog se Kabupaten Ponorogo.

Dalam keterangannya, Kang Bupati Sugiri Sancoko menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Ponorogo dalam memberikan ruang kepada Grup Reog Obyog.

“Kalau dalam Grebeg Suro kemarin, Reog Festival yang kita berikan panggung. Kali ini, dalam HUT Ponorogo ke 527, Reog Obyog yang jumlahnya ratusan kita berikan kesempatan dalam berekspresi dalam sebuah Parade yang kita namakan Serenade, ” Ungkap Kang Bupati Sugiri Sancoko.

Lebih lanjut Kang Giri, panggilan akrabnya menyampaikan Serenade Reog Obyog merupakan Alunan Musik atau nyanyian merdu di sore hari.

“Seperti hari ini, sore hari yang sejuk. Kita lihat, ribuan penonton datang ke Alun-alun untuk menyaksikan Pagelaran ini. Tentunya Reog memberi daya ungkit perekonomian. Yang jualan makanan, minuman, sewa kostum, salon, pengrajin semuanya laris. Ini yang akan terus kita lakukan sehingga perekonomian di Ponorogo terus meningkat, ” Urai Kang Bupati Sugiri Sancoko.

Bupati Ponorogo itu juga menyebutkan jika Reog Ponorogo merupakan pemersatu bangsa.

“Coba kalau kita lihat, kampanye ataupun event politik yang akhir-akhir ini banyak dilakukan, banyak yang menggunakan Reog Ponorogo untuk mengundang masa. Ini hal yang positif untuk mendorong Reog Ponorogo sebagai Warisan Adiluhung pemersatu bangsa. ” Tutup Kang Bupati Sugiri Sancoko.

Selain 320 Dadak Merak, ratusan Penari Jathil dan Bujangganong juga tampil bersamaan dan disaksikan ribuan pasang mata masyarakat umum dan forkopimda Ponorogo. (red)

  • Bagikan