Tingkatkan PAD, Pemdes Ketawang Dolopo Bangun Ruko dua Lantai

  • Bagikan
Ruko dua lantai yang berhasil dibangun oleh Pemdes Ketawang Dolopo
Ruko dua lantai yang berhasil dibangun oleh Pemdes Ketawang Dolopo

Madiun, MADIUNRAYA.com
Berbagai Inovasi dilakukan oleh Pemerintah Desa Ketawang, Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD).

Salah satunya adalah membangun Rumah Toko (Ruko) dua lantai di Jalan Raya Ketawang Dolopo tidak jauh dari Balai Desa setempat.

Menurut Kepala Desa Ketawang Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun, Mashuri, BA, pihaknya memanfaatkan Dana Desa untuk membangun Ruko tersebut.

“Dengan menggunakan Dana Desa, Alhamdulillah kami berhasil membangun Ruko dua lantai sebanyak dua plong di lahan milik Desa Ketawang. Ini sudah siap untuk disewakan,” ucap Mashuri kepada Madiunraya.com pada Senin (12/06/2023).

Kepala Desa Ketawang Kecamatan Dolopo Madiun, Mashuri BA

Lebih lanjut Mashuri menyampaikan untuk masing-masing plong pihaknya akan menyewakan senilai Rp 15 juta per tahun.

“Sehingga untuk dua plong ini akan kami sewakan sebanyak 30 juta pertahun. Ini sudah ada yang mau menyewa namun masih ditawar harganya,” lanjutnya.

Selain akses jalan yang mudah karena berdiri tepat dipinggir jalan yang ramai, Mashuri juga mengatakan fasilitas listrik dan air bersih sudah disiapkan.

“Saya yakin jika dimanfaatkan untuk bisnis, tempat ini akan ramai dikunjungi oleh warga yang ramai lalu lalang,” tambahnya.

Mashuri berharap dengan adanya persewaan Ruko itu dirinya berharap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Desa Ketawang akan meningkat.

“Harapan kami, PAD Desa Ketawang akan meningkat dengan adanya persewaan Ruko ini sehingga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pelayanan masyarakat dan juga bisa meningkatkan kesejahteraan warga disini,” terangnya.

Mashuri juga menjelaskan bila sudah memiliki modal sendiri, Ruko tersebut akan dimanfaatkan oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Ketawang.

“Sambil menunggu modal, Ruko ini kami sewakan terlebih dahulu agar ada pendapatan yang masuk.”Tutupnya.

Dua Plong Ruko milik Pemdes Ketawang Dolopo siap untuk disewakan

Sementara menurut salah seorang warga, Taufik, pihaknya sangat mengapresiasi dibangunnya Ruko tersebut.

“Saya yakin, bisnis properti seperti ini tidak ada ruginya. Selain bisa menghasilkan PAD, Ruko ini kedepan bisa dimanfaatkan oleh Pemerintah Desa Ketawang dan warga setempat melalui Bumdes untuk memajukan perekonomian disini.” Tambahnya. (Adv/Yah/Gin)

  • Bagikan