Polres Magetan Gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2023 Serta Musnahkan Ratusan Miras dan Knalpot Brong

  • Bagikan

MAGETAN, MADIUNRAYA.COM–

Jelang Lebaran Idul Fitri 2023 dan juga dalam rangka Operasi Ketupat Semeru tahun 2023, Polres Magetan musnahkan Ratusan Liter Minuman Keras (Miras) berbagai merk dan juga Ratusan Knalpot Brong, Acara tersebut berlangsung di Halaman Mapolres Magetan, Senin pagi (17/04/23).

Kegiatan tersebut diawali dengan Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Semeru 2023 yang dipimpin Bupati Magetan, Dr. Drs. H. Suprawoto, S.H, M.Si, didampingi Kapolres Magetan AKBP Muhammad Ridwan, S.I.K, M.Si, serta diikuti PJU Polres Magetan, TNI, dan juga Stakeholder terkait.

Barang bukti yang dimusnahkan merupakan hasil penyitaan dibeberapa tempat dan juga hasil Patroli Blue Light Gabungan dalam rangka pencegahan balap liar yang dilakukan selama Bulan Ramadhan.

Dari hasil penyitaan tersebut, adapun barang bukti miras yang dimusnahkan tersebut diantaranya 593 botol Arak Jawa (Arjo), 270 botol jenis Anggur, 48 botol Bir, 5 botol Vodka, dan juga 1 botol Miras merk Topi Miring. Disamping itu, untuk barang bukti hasil balap liar yakni 312 buah Knalpot Brong.

Bupati Magetan, Suprawoto saat dikonfirmasi awak media mengungkapkan, barang bukti yang hari ini dimusnahkan merupakan hasil penyitaan dalam rangka penindakan dan juga sekaligus upaya preventif pengamanan selama menjelang lebaran 2023.

“Perlunya Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Semeru 2023 ini yakni untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa seluruh jajaran Polres Magetan bersama Forkopimda Magetan sudah menyiapkan diri sebagaimana amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Mudah-mudahan apa yang kita rencanakan nantinya bisa terlaksana dengan baik sehingga masyarakat yang mudik bisa kembali ke Magetan dengan senang,” terang Kang Woto, sapaan akrab Bupati Magetan.

Tambahkan, “Bagi para pemudik yang tidak mempunyai Garasi, kami Pemerintah Daerah sudah menyiapkan Lahan Parkir di beberapa lokasi, diantaranya Kantor Pemerintah dan juga Sekolahan yang sudah ditunjuk,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, Kapolres Magetan, Ridwan menyampaikan, pihaknya telah menyiapkan 9 Pos Pengamanan yang terdiri dari 2 Pos Pelayanan dan juga 7 Pos Pengamanan selama menjelang Mudik Lebaran 2023, adapun fungsinya, Pos tersebut nantinya akan dijadikan Pos Pengamanan Obyek Vital dan Arus Lalin (Lalu Lintas) yang dimungkinkan sebagai titik kepadatan (rawan macet).

“Untuk mengantisipasi lonjakan pemudik jelang lebaran nantinya akan kami siapkan Tim Pengurai dari Polres Magetan yang akan tersebar di sejumlah titik keramaian,” ujar Ridwan.

Lanjutnya, “Terkait pemusnahan barang bukti miras sendiri, sering kita lihat bahwa segala sesuatu tindak kekerasan berawal dari mabuk-mabukan, oleh karena itu akan terus kami lakukan operasi. Harapan kami semoga di Kabupaten Magetan tidak ada lagi Miras,” pungkasnya. (Dhy)

  • Bagikan