,

Januari Hepi Dengan Perawatan Motor Berkala

oleh -1511 views

Sidoarjo, MADIUNRAYA.com

Diawal tahun 2023 ini, PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) bersama dengan jaringan bengkel AHASS diwilayah Jatim & NTT memberikan program Januari Hepi ( Januari Hemat Pakai Brompit) yakni diskon jasa atau pembelian spare part dan oli hingga Rp 20 ribu dengan aplikasi Brompit.

Konsumen dapat memanfaatkan program menarik tersebut untuk melakukan pengecekan dan penggantian part motor Honda kesayangan. Penggantian ini perlu dilakukan secara rutin untuk memastikan motor dalam kondisi primanya. Ada beberapa komponen motor matik yang harus diganti secara berkala.

Pertama yang perlu pengecekan yakni pada busi. Busi biasanya diganti saat motor telah digunakan menempuh jarak sebesar & penggantian busi setiap 8.000km..

Kedua kampas rem. Komponen ini biasanya diganti jika motor telah digunakan untuk menempuh jarak 20.000 km atau Jika kampas rem sudah semakin menipis atau sudah aus, sangat disarankan untuk segera diganti.

Ketiga yang perlu dilakukan pengecekan secara berkala yakni ganti oli gardan dan filter udara. Pada oli transmisi ada baiknya diganti setiap jarak tempuh dengan kelipatan 8.000 km. Untuk kesempurnaan pembakaran & mengoptimalkan tenaga engine (tenaga besar tapi tetap irit bahan bakar) maka penggantian filter udara setiap 16.000km.

Keempat lakukan pemeriksaan CVT atau Continous Variable Transmission secara berkala. Umumnya, maksimal umur pemakaian Drive Belt hanya pada jarak 24.000 kilometer. Jika sudah mencapai angka ini, ada baiknya pengguna segera menggantinya. Kondisi V-Belt harus diperiksa secara berkala setiap 8.000 km .

Kelima periksa ban. Idealnya usia ban motor yang direkomendasikan maksimal adalah 2 tahun atau sudah mencapai batas pemakaian 12.000 km lebih dari itu, disarankan untuk segera diganti walaupun tingkat keausan ban belum mencapai batas waktu untuk diganti.

Keenam periksa accu atau aki. Dengan pengunaan motor secara rutin, aki perlu diganti jika pemakaian sudah 1,5 – 2 tahun. Umur aki sangat berkaitan dengan cara pemilik sepeda motor dalam menggunakan kendaraannya, termasuk seberapa sering digunakan untuk men-starter.

Ketujuh periksa lampu. Lampu kendaraan juga punya batas usia pemakaian. Jika konsumen merasa komponen lampu di kendaraan sudah agak redup atau bahkan tidak menyala sama sekali, sebaiknya segera dilakukan pengecekan dan diganti jika perlu. Sebab meski sepele, keberadaan lampu ini memegang peran yang cukup vital.

“Selain batas umur part, penggantian part juga tergantung pada pemakaian pemilik motor. Dan penggantian part ini juga sangat penting bagi kenyamanan dan keselamatan berkendara. Untuk itu lakukan pengecekan rutin dan service berkala di bengkel AHASS. Service di bengkel AHASS jaminan Oli dan part asli Honda Genuine Part (HGP) serta teknisi yang handal dan bersertifikasi Honda. Segera dapatkan program ini melalui booking service di bengkel AHASS terdekat .“ kata M Bondan Priyoadi selaku Technical Service Division Head MPM Honda Jatim.

No More Posts Available.

No more pages to load.