Monumen 1 Abad Terate Emas yang diresmikan oleh Panglima TNI, ini artinya

  • Bagikan

Kota Madiun, MADIUNRAYA.com
Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa meresmikan Monumen 1 Abad Terate Emas untuk Dunia di Graha Kridha Budaya Padepokan Agung PSHT Jalan Merak Kota Madiun pada Jum’at (02/09/2022).

Menurut Ketua Dewan Pusat PSHT H Issoebiyantoro SH, Bangunan monumen megah itu dilambari siti raja peni (tanah) dan patirtan (air) dari berbagai wilayah di Bumi Pertiwi.

“Do’a dan harapan kami agar warga PSHT lebih menjaga persaudaraan ditengah keberagaman suku agama dan ras,” terang Mas Issoebiyantoro.

Untuk artinya sendiri, Ketua Dewan Pusat PSHT itu menjelaskan bahwa Monumen yang disangga 4 tangan berarti 4 pilar konsensus kebangsaan.

“Empat Pilar Kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Ini adalah visi dan misi kami sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat,”urainya.

Kemudian, lanjut Mas Issoebiyantoro ada Bumi dan Bunga Terate Emas yang mekar diatasnya.

“Artinya, di usia Terate Emas untuk Dunia yang terus berputa, dan air yang terus mengalir artinya dalam berkecukupan dan kemakmuran,” jelasnya.

Lebih lanjut Ketua Dewan Pusat PSHT itu meminta agar seluruh warga PSHT untuk berbangga dalam memperingati 02 September 1922 yang terlahir di Bumi Madiun oleh Ki Hajar Hardjo Utomo.

“100 tahun yang lalu, Indonesia masih dicengkeram penjajah namun seoran tokoh mampu melahirkan pendekar yang tersebar diseluruh penjuru,” katanya.

Mas Issoebiyantoro juga berpesan agar jiwa warga PSHT haruslah menjadi jiwa pendekar.

“Yaitu Masalah kecil mengalah, masalah besar dan prinsip baru bertindak. Kita harus kembali kepada ajaran yaitu membentuk manusia yang berbudi pekerti luhur, tahu benar dan salah, beriman bertaqwa kepapada Tuhan YME dan arif bijaksana, penuh keluhuran budi, menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk menyumbangkan prestasi bagi bangsa dan negara.” Tutup Mas Issoebiyantoro. (red)

  • Bagikan