,

Penting, Perhatikan Hal ini Saat Berkendara Bersama Keluarga Pakai Sepeda Motor

oleh -Dibaca oleh : 3011 Pemirsa
Hal-hal penting yang harus dilakukan saat berkendara naik motor
Hal-hal penting yang harus dilakukan saat berkendara naik motor

Surabaya, MADIUNRAYA.com

Sepeda motor merupakan alat transportasi paling popular dan alat mobilitas yang paling banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Di samping harganya yang lebih terjangkau dibanding mobil, roda dua ini juga lebih praktis dalam penggunaannya sehari-hari. Tidak heran, banyak di antara pemilik motor yang menggunakan kendaraan ini bersama keluarga, baik untuk membonceng istri, saudara, dan juga anak.

Dan berkendara bersama keluarga merupakan hal yang menyenangkan dan juga membutuhkan konsentrasi tinggi bagi pengendara. Namun perlu diingat beberapa hal ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman saat berkendara baik jarak jauh maupun jarak dekat.

  1. Gunakan Riding Gear
    Gunakan perlengkapan berkendara seperti helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu. Apabila saat musim hujan tentunya jangan lupa untuk membawa jas hujan. Pengendara sepeda motor baik itu yang mengendarai maupun yang membonceng harus memakai helm. Perlengkapan berkendara bukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan tetapi perlengkapan berkendaran ini untuk mengurangi dampak negatif saat kita terjadi kecelakaan.
  2. Teknik Berboncengan
    Perlu diperhatikan atau diketahui teknik berboncengan oleh pembonceng maupun yang diboceng. Posisi tangan kedepan dan merangkul ringan di bagian perut pengendara yang berfungsi sebagai pegangan pembonceng agar badan tidak mengayun ke belakang. Selanjutnya posisi lutut menjepit ringan pinggang pengendara, dengan posisi ini membantu pembonceng mudah menjaga keseimbangan tubuhnya diatas motor dengan kakinya. Bagi wanita tidak disarankan untuk bonceng miring karena akan mengganggu keseimbangan.

“ Apabila berboncengan dengan membawa anak kecil, disarankan posisi anak berada tepat di belakang pengendara dan hindari posisi anak di depan pengendara karena dapat mengganggu konsentrasi berkendara.” Kata Dimas Satria, Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim.

  1. Cek Kendaraan
    Pastikan kendaraan dalam kondisi prima terutama pada tekanan angin dan rem. Karena tekanan angin yang kurang akan membuat kendaraan kurang nyaman dan bahan bakar yang di gunakan lebih banyak mengkonsumsi.
  2. Barang Bawaan
    Hindari untuk membawa barang berlebih. Membawa barang yang berlebihan akan berbahaya, karena keseimbangan sepeda motor tentunya akan terganggu karena beratnya barang bawaan yang dibawa. Barang bawaan ini akan mengganggu keseimbangan yang bisa berakibat fatal.

“Pastikan berkendara tidak lebih dari dua orang dan tidak membawa barang terlalu banyak.” tambah Dimas

  1. Atur kecepatan.
    Pengendara harus menjaga kecepatan aman saat berkendara. Sebaiknya buat rencana perjalanan khususnya perjalanan jauh. Pengendara dapat mengecek kondisi lalu lintas dari berbagai aplikasi perjalanan dan mencari jalan alternatif yang bisa dilalui agar tidak terjebak dalam kemacetan.

“Pastikan berkendara dengan tetap #Cari_Aman saat berkendara. Penting bagi kita sebagai pengendara sepeda motor mentaati peraturan serta bijak dalam kesadaran berkendara, apalagi dengan membawa orang yang dicintai agar nyaman dan ,” kata Dimas.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.