Selama Lebaran, Objek Wisata Alam Suwono Ngawi dibuka, Kapasitas untuk 1500 pengunjung

  • Bagikan

Ngawi, – MADIUNRAYA.com

Objek wisata Suwono Indah Park sebagai salah satu penopang perekonomian daerah di Kabupaten Ngawi dipastikan buka untuk liburan Lebaran 1443 H.

Pemerintah Kabupaten Ngawi bersama petugas Kepolisian setempat telah mengeluarkan kebijakan bagi masyarakat yang hendak berkunjung ke wahana itu.

“Kita perbolehkan masyarakat untuk mengunjungi objek wisata namun dengan tetap meminimalisir penyebaran Covid-19. Salah satunya, Pemerintah dan Polri gencar memberikan vaksinasi bagi warganya, ” ungkap Kapolres Ngawi, AKBP I Wayan Winaya.

Pada perayaan Idul Fitri 1443 H tahun 2022 Pemerintah kembali mengeluarkan kebijakan dengan memberi kelonggaran bagi warga masyarakat untuk mudik ke kampung halaman menjumpai kerabatnya.

“Namun pemerintah juga menganjurkan kepada pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) untuk melakukan vaksinasi booster (lanjutan) sebagai syarat ketentuan mudik lebaran,” lanjutnya.

Perayaan mudik lebaran merupakan tradisi dan sebagian besar warga akan menikmati indahnya panorama alam yang asri dan sejuk untuk melepaskan kepenatan semenjak pandemi melanda.

“Maka warga perantauan yang telah mudik lebaran di Ngawi tak ayal akan meluangkan waktunya menikmati indahnya wisata di kaki gunung Lawu, obyek wisata alam “Suwono Indah Park” merupakan salah satu alternatif pilihan yang menjadi trend wisata di Ngawi saat ini. Karenanya, Polsek Ngrambe bersama petugas gabungan, terdiri dari 5 personil Polri, 2 personil TNI, 1 personil Trantib, 12.petugas perhutani, 5 orang relawan, 2 tenaga kesehatan dan 10 orang anggota Karangtaruna disiapsiagakan untuk diterjunkan dalam memberikan pelayanan dan pengamanan kepada para wisatawan baik lokal maupun mancanegara di lokasi wisata alam Suwono Indah Park,” urai Kapolres.

Dengan harga tiket masuk sebesar Rp. 15.000,- (lima belas ribu rupiah) per orang, para pengunjung dapat menikmati keindahan objek wisata alam “Suwono Indah Park” yang terletak di kawasan hutan pinus perhutani diarea kaki gunung Lawu, tepatnya di Dusun Ngetrep Desa Hargomulyo Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi atau 45 Km dari pusat Kabupaten Ngawi.

“Untuk Kapasitas pengunjung 50 persen atau 1.500 orang wisatawan selama PPKM Level 2, objek wisata alam Suwono Indah Park menawarkan fasilitas wisata air terjun dan kuliner. Objek wisata air terjun Suwono buka mulai pukul 08.00 WIB hingga Pukul 17.00 WIB sedang untuk wisata kuliner tutup hingga pukul 22.00 WIB, ” terang AKBP I Wayan Winaya.

Akses jalan menuju kantong parkir objek wisata Suwono Indah Park jika terjadi penumpukan arus kendaraan menuju dan kembalinya menggunakan system buka tutup sepanjang 300 meter dan kapasitas parkir maksimal 100 kendaraan roda empat, untuk itu personil Polsek Ngrambe dan petugas gabungan dengan senantiasa memberikan pelayanan bagi para wisatawan.

“Namun, jika kapasitas pengunjung telah mencapai 50 persen, maka personil Polsek Ngrambe akan menutup sementara jalur masuk menuju wisata Suwono Indah Park serta memasang rambu petunjuk PENUH dan wisatawan yang baru datang dipersilahkan menuju ke objek wisata lainnya,” urai Kapolres Ngawi.

Bagi wisatawan Suwono Indah Park dihimbau agar mentaati protokol kesehatan secara ketat sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dengan menerapkan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas), di dekat loket juga diterjunkan petugas khusus untuk screening pengecekan kondisi kesehatan pengunjung, serta disediakan aplikasi Pedulilindungi yang digunakan pengunjung untuk scan QR.

“Selain itu, bagi para wisatawan yang ingin menikmati suasana alam pegunungan yang asri di objek wisata Suwono Indah Park sebaiknya dalam kondisi sehat dan sudah divaksin. Namun demikian untuk melayani para pengunjung pihak objek wisata Suwono telah menyiapkan tenaga medis dan ambulans di lokasi wisata,” kata Kapolres.

Dan bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan panorama alam diselingi gemericik air terjun dari objek wisata Suwono Indah Park dihimbau untuk mempersiapkan kondisi kendaraan dalam kondisi prima, terutama rem agar berfungsi dengan baik mengingat akses jalan terjal menanjak dan menurun serta berliku yang harus dilalui untuk menuju lokasi objek wisata Suwono Indak Patk.

Untuk informasi lebih lanjut calon wisatawan dapat menghubungi Hot Line : 08133356019.

“Kita semua berharap agar masyarakat aman dan bisa menikmati liburan Lebaran bersama keluarga mereka.” Pungkas AKBP I Wayan Winaya. (yah/gin).

Peliput : Yahya Ali Rahmawan

Penyunting : Agin Wijaya

  • Bagikan