Belajar dari Youtube, 4 Pelaku Sindikat pembobol ATM di Ponorogo ditangkap Polisi

oleh -Dibaca oleh : 201.317 Pemirsa
Kawanan pelaku pembobol ATM asal Brebes Jawa Tengah di tangkap Polisi
Kawanan pelaku pembobol ATM asal Brebes Jawa Tengah di tangkap Polisi

Ponorogo – Portalnews Madiun Raya

Empat dari lima pelaku sindikat pembobol mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang beraksi di Kabupaten Ponorogo berhasil ditangkap petugas Kepolisian Resort Ponorogo, Ahad (24/01/2021).

Menurut Ipda Guling Sinaka, Kanit Pidana Umum Satreskrim Polres Ponorogo mereka adalah N, S, A, dan T yang merupakan warga Brebes Jawa Tengah. “Mereka mengaku sudah melakukan aksi di 4 Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang berbeda, mulai dari Ponorogo, Tegal, Brebes hingga Solo,” Ucap Kanit Pidum Satreskrim Polres Ponorogo.

Lebih lanjut Ipda Guling Sinaka menjelaskan bahwa modus komplotan tersebut adalah mengganjal mesin ATM. “Sehingga ATM korban terganjal dan tidak bisa digunakan melakukan transaksi. Setelah hal itu terjadi, maka korban yang bingung melihat ada nomor Call Center palsu yang tertempel di mesin ATM, lalu para pelaku melakukan aksi membobol isi ATM setelah mengetahui nomor PIN ATM Korban,” Terang Kanit Pidum.

Peran mereka berbeda. “Ada yang berperan mengganjal mesin ATM dan ada yang menempel stiker keterangan Call Center palsu untuk memperdaya korban dengan tujuan mengetahui nomor PIN korban dan menguras isi ATM korban, menurut mereka, ilmu yang didapatkannya itu setelah mereka melihat video di Youtube,”Lanjut Ipda Guling Sinaka.

Komplotan tersebut ditangkap ketika akan melakukan aksinya di Jombang. “Menurut keterangan mereka, saat di Ponorogo mereka bisa membobol uang hingga puluhan juta rupiah. Kami terus melakukan penyidikan.”Pungkas Ipda Guling Sinaka. (Red)

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.