Kemarau, Hutan di Biting Badegan Kebakaran

  • Bagikan

Ponorogo, MADIUNRAYA.com
Musim kemarau yang menjadikan pepohonan mengering dan rawan terjadi kebakaran hutan.

Hal tersebut diantisipasi dengan baik oleh personel Polsek Badegan Polres Ponorogo dengan melakukan patroli rutin di wilayahnya.

Dalam patroli tersebut, aparat Polsek Badegan melihat titik api yang menyala di Hutan Desa Biting Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo.

Kapolsek Badegan, AKP Haryono SH mengungkapkan bahwa pihaknya segera melakukan upaya pemadaman dengan mendatangi titik api yang masih menyala.

“Anggota kami juga langsung berkoordinasi dengan Kepala Desa dan Perangkat Desa setempat. Kami juga segera menghubungi Petugas Perhutani Lawu DS, Kasi Trantib dan Damkar Kecamatan Badegan, ” Ucap AKP Haryono, Selasa (15/08).

Lebih lanjut Kapolsek mengungkapkan lokasi yang terbakar adalah di Petak 1 B Bukit Pleret Desa Biting Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo.

“Adapun yang terbakar merupakan Hutan Alba dengan area yang terbakar kurang lebih 1 Hektare, “jelas Kapolsek Badegan.

AKP Haryono juga mengatakan, akibat kebakaran hutan itu, ekosistem menjadi terganggu termasuk sumber mata air dan rumput pakan ternak menjadi hangus.

” Untuk penyebab kebakaran belum diketahui, yang jelas karena hembusan angin kencang kebakaran api menjadi lebih mudah menjalar. Untuk itu, kami menghimbau agar semua pihak tidak membuang puntung rokok sembarangan. ” Tutup AKP Haryono.

Setelah berjibaku dengan api, petugas gabungan akhirnya bisa memadamkan api sekira pukul 17.00 WIB. (red)

  • Bagikan