Tips #Cari_Aman Berkendara menyenangkan Libur Natal dan Tahun Baru

  • Bagikan

Surabaya, MADIUNRAYA.com

Libur Hari Natal dan Tahun Baru (Nataru) dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat untuk liburan baik di dalam kota maupun di luar kota melakukan touring bersama teman ataupun berkendara motor bersama keluarga. Sebelum berkendara, pastikan dulu segala yang dibutuhkan siap terutama sekali kesehatan dan perlengkapan keselamatan di jalan. Rute yang akan ditempuh juga harus disiapkan agar tidak ada masalah yang dapat menghambat perjalanan sehingga perjalanan jadi menyenangkan dan tiba di tujuan dengan aman.

Berikut adalah tips #Cari_Aman berkendara menyenangkan saat Nataru yang disampaikan oleh Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim, Hari Setiawan.

  1. Pastikan Motor dalam kondisi prima
    Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya melakukan servis berkala, mengganti oli, periksa komponen keseluruhan dan ganti ban bila perlu.

Pastikan servis motor ke bengkel resmi seperti AHASS agar motor selalu terjaga dengan optimal dan sehat pastinya juga akan meningkatkan kenyamanan dalam berkendara.

  1. Perlengkapan berkendara.
    Persiapkan perlengkapan berkendara seperti helm, jaket, sarung tangan, sepatu dan memakai celana panjang agar terlindungi selama perjalanan dan juga kelengkapan surat-surat berkendara.

“Jangan lupa membawa jas hujan dengan model baju dan celana, mengingat bulan Desember ini curah hujan masih cukup sering terjadi di beberapa daerah khususnya di Jawa Timur” kata Hari.

  1. Cek informasi rute perjalanan.
    Di era modern saat ini kita di beri kemudahan mencari informasi melalui smartphone untuk bisa cek kondisi actual rute perjalanan yang akan dilewati menggunakan aplikasi GPS ang akan menginformasikan rute mana saja yang tercepat dan melewati hambatan seperti perbaikan jalan ataupun jalur macet.

4.Pastikan Kondisi Fisik Sehat
Berkendara sangat menyenangkan apabila di imbangi dengan kondisi tubuh yang sehat. Lakukan pemanasan terlebih dahulu seperti streching selama 5- 10 menit sebelum berkendara. Sebaiknya istirahat sejenak setelah berkendara selama 3 jam, jangan berkendara apabila mengantuk yang bisa mengakibatkan kecelakaan ketika tertidur saat berkendara.

“Berkendara motor saat liburan memang menyenangkan apalagi berwisata ke gunung, tapi perlu diingat juga keselamatan berkendara di jalan juga lebih penting , seperti slogan keselamatan berkendara dari Honda, #Cari_Aman. “tutup Hari.

  • Bagikan