Jadi Kota Bersih, Pacitan Raih Adipura Ke-16

  • Bagikan
Bupati Pacitan saat menerima Piala Adipura ke 16
Bupati Pacitan saat menerima Piala Adipura ke 16

Pacitan, MADIUNRAYA.com
Prestasi membanggakan ditorehkan Kabupaten Pacitan di awal tahun 2023 dibidang Lingkungan Hidup.

Setelah melalui rangkaian penilaian, Kabupaten Pacitan kembali mendapatkan Penghargaan Adipura untuk kategori kota kecil.

“Prestasi ini sangat membanggakan, dimana anugerah bidang pengelolaan lingkungan hidup Tahun 2023 ini adalah capaian Ke -16 bagi Kabupaten Pacitan,” ungkap Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayu Aji.

Penghargaan Adipura tersebut diserahkan secara langsung oleh Wakil Menteri (Wamen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Yoni Kristanto, pada Selasa (05/03) dan hari ini, Jumat (08/03) diserahterimakan kepada Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji di Pendopo Kabupaten setelah diarak keliling kota.

“Saya mengucapkan terima kasih serta apresiasi yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Kabupaten Pacitan, terutama rekan di jajaran Dinas Lingkungan Hidup. Penghargaan ini adalah capaian kita Bersama, tidak hanya pemerintah daerah tapi juga seluruh masyarakat Pacitan,” Kata Mas Aji, panggilan akrabnya.

Untuk pengelolaan sampah, Mas Aji berharap kesadaran masyarakat akan pengelolaan sampah semakin meningkat.
“Pengelolaan sampah yang paling baik adalah menyelesaikannya di tataran paling bawah yakni rumah tangga.

Untuk itu saya mengajak seluruh komponen untuk mengelola sampah tersebut dengan baik. Untuk itu, jajaran Pemkab harus memberi contoh terkait pengelolaan sampah, dan lingkup pendopo, halking ini sudah memulai sejak setahun terakhir,” tutupnya.

Sementara menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pacitan, Cicik Roudlotul Jannah menyampaikan bahwa Piala Adipura diraih Pacitan secara berturut selama 16 tahun terakhir.

“Ini adalah prestasi yang membanggakan, karena walaupun Kota Kecil, Pacitan mampu menjadi Kota yang bersih dan tertata dengan baik, termasuk dalam pengelolaan sampah.” Tutupnya. (red)

  • Bagikan