Pemilu di Pacitan sukses, partisipasi meningkat dan tidak ada sengketa

  • Bagikan

Ketua KPU Pacitan saat memberikan keterangan bahwa Pemilu Pacitan yang sukses digelar baik partisipasi yang meningkat dan tidak ada sengketa

Pacitan, MADIUNRAYA.com
Gelaran Pesta Demokrasi dalam Pemilihan Umum di Kabupaten Pacitan bisa dikatakan sukses.

Hal itu disampaikan oleh Ketua KPU Kabupaten Pacitan, Sulis Setyorini dalam Rapat Evaluasi pelaksanaan tahapan Pemilu tahun 2024 bersama stake holder KPU Kabupaten Pacitan yang dilaksanakan di Hotels & Resort Parai Teleng Ria, Ahad (05/05/2024).

Didepan Forkopimda, Pengurus Partai Politik, Tim Sukses dan Media, Sulis Setyorini menjelaskan bahwa pelaksanaan Pemilu tahun 2024 di Kabupaten Pacitan berjalan dengan lancar dan sukses.

“Tahapan demi tahapan Pemilu tahun 2024 yang dimulai pada Juni tahun 2022 berjalan lancar dan sukses hingga penetapan hasil Pemilu tahun 2024 kemarin,” ucap Sulis Setyorini.

Ketua KPU Kabupaten Pacitan juga menyampaikan bahwa tingkat partisipasi masyarakat dalam mengikuti Pemilihan Umum tahun 2024 meningkat bila dibandingkan Pemilu sebelumnya (2019).

“Tingkat partisipasi masyarakat meningkat 3% bila dibandingkan Pemilu tahun 2019. Prosentasenya mencapai 78% dan lebih tinggi bila dibandingkan dengan tingkat partisipasi masyarakat tingkat nasional,” jelas Sulis Setyorini.

Yang lebih menggembirakan, Sulis Setyorini mengungkapkan bahwa tidak ada sengketa Pemilu di Kabupaten Pacitan

“Jadi tidak ada sengketa Pemilu yang berakhir di pengadilan ataupun di MK,” tambahnya.

Dia berharap kegiatan yang dilakukan (rapat evaluasi) bisa memberikan masukan yang positif kepada pihaknya.

“Untuk meningkatkan kualitas pemilihan dan demokrasi di masa yang akan datang. Dan dengan kegiatan ini maka Pemilihan Umum tahun 2024 kita tutup buku. Selanjutnya kita songsong Pilkada serentak tahun 2024 yang akan berlangsung pada November tahun ini,” ucap Sulis Setyorini.

Ketua KPU Kabupaten Pacitan itu berharap pelaksanaan Pilkada tahun 2024 ini bisa lebih sukses dari Pemilu yang telah berlalu.

“Semoga tingkat partisipasi masyarakat bisa lebih tinggi dan mampu menghasilkan Pemimpin yang amanah dan mampu menjalankan roda pemerintahan dengan baik dan sesuai dengan harapan masyarakat Pacitan menuju kesejahteraan bersama.” Tutup Sulis Setyorini.

Sementara Bupati Pacitan yang diwakili Asisten 1, Kemal Pandu Pratikna, atas nama Pemerintah Kabupaten Pacitan mengapresiasi kesuksesan Pemilu tahun 2024.

“Semoga Pemilu tahun 2024 membawa manfaat yang sebesar-besarnya bagi warga Pacitan dan kita menyongsong Pilkada Pacitan yang Aman.” Ujar Kemal Pandu Pratikna. (yah/gin).

  • Bagikan