Babinsa Ponorogo berikan wawasan kebangsaan

oleh -Dibaca oleh : 20251 Pemirsa

Ponorogo,- Portal Madiun Raya

Upaya Khusus Swasembada Pangan (Upsus Swapang) yang dilaksanakan oleh Serma Panut Babinsa Tonatan Koramil 0802/01 Kota Ponorogo dilaksanakan dengan mendampingi petani di wilayah binaannya melaksanakan tata kelola pertanian. Momentum kebersamaan tersebut juga dimanfaatkan oleh Serma Panut untuk menyisipkan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada warga Kelurahan Tonatan yang merupakan wilayah binaannya.(07/08/2018)

Dalam kegiatan Upsus Swasembada Pangan kali ini Serma Panut melaksanakan pendampingan pemeliharaan tanaman jagung yang ditanam oleh Herman, anggota Gapoktan Tani Mulia Kelurahan Tonatan Kecamatan Kota Ponorogo seluas 0,28 hektar yang ditanam beberapa waktu lalu.

“Perawatan yang dilaksanakan antara lain pengairan dan pemupukan yang dilaksanakan dalam pendampingan”,ujarnya.

Ditemui disela-sela kegiatannya ini Serma Panut menuturkan bahwa kebersamaannya dengan warga Kelurahan Tonatan ini telah berlangsung lama sehingga terjalin hubungan timbal balik yang saling asah, asih dan asuh.

Walaupun masyarakat Kelurahan Tonatan ini sebagian besar berprofesi sebagai pedagang, pegawai dan wira swasta, namun masih ada sebagian diantara tetap bertani, sehingga ia tetap melaksanakan pendampingan tata kelola pertanian disini.

Dalam pelaksanaan pendampingan tata kelola pertanian ini, Serma Panut seringkali membeberkan pengalamannya selama bertugas di beberawa wilayah di Indonesia ini, hal ini ia maksudkan sebagai upaya memberikan wawasan kebangsaan kepada warga binaannya agar menyadari betapa besar bangsa Indonesia ini. Disamping itu, Serma Panut juga menyampaikan bahwa ketahanan Bangsa Indonesia terbina dimulai dari ketahanan keluarga, ketahanan lingkungan dan ketahanan wilayah untuk itu ia mengajak agar masyarakat mau dan mampu menjaga ketahanan keluarga dan lingkungannya, “Salah satunya adalah ketahanan pangan yang sedang dilaksanakan ini”,ujar Serma Panut. (dim0802/gin)

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.