International Woman Day: Berkendara Stylish dan #Cari_aman untuk Perempuan

  • Bagikan

Sidaarjo, Madiun Raya- Berkendara dengan sepeda motor kini juga banyak dilakukan oleh kaum perempuan untuk menunjang aktivitas mobilisasi dan gaya hidupnya. Untuk dapat beraktivitas dengan aman, nyaman, dan tetap stylish, perempuan perlu memperhatikan beberapa faktor sejak sebelum mulai berkendara.

1. Konsentrasi saat berkendara
Menurunnya konsentrasi dapat disebabkan karena kondisi tubuh yang kurang sehat, kelelahan dan lain sebagainya. Konsentrasi saat berkendara dilakukan agar tidak menimbulkan bahaya terhadap keselamatan diri sendiri, penumpang, dan pengguna jalan yang lain salah satunya tidak menggunakan ponsel ketika dan selama berkendara.

2. Penggunaan Perlengkapan Berkendara.
Perlengkapan berkendara yang wajib digunakan seperti helm, jaket, sarung tangan, celana panjang dan sepatu. Beberapa dari perempuan mengabaikan menggunakan perlengkapan berkendara/riding gear seperti helm dengan alasan kurang nyaman digunakan saat berkendara.

3. Membawa barang bawaan
Perempuan tak lepas dari barang bawaan saat bepergian seperti tas. Membawa tas yang kurang tepat saat naik motor yang dapat mengganggu konsentrasi hingga menimbulkan potensi bahaya lain (tersangkut benda asing yang ada dijalan/kendaraan lain sampai dengan tindakan kriminal). Disarankan dapat menyimpan tas selama berkendara di bagasi motor untuk menjaga keamanan dan kenyamanan.

4. Pemilihan penggunaan alas kaki saat berkendara
Sama halnya dengan tas, alas kaki perempuan juga sangat bervariasi modelnya. Namun perlu diperhatikan yang disarankan menggunakan alas kaki yang menutupi hingga bagian mata kaki. Penggunaan sandal yang memiliki heels atau hak tinggi dapat mengganggu pengendara perempuan mengendalikan keseimbangan saat berkendara.

5. Penggunaan rok saat naik motor
Sering kita jumpai pengendara ataupun penumpang perempuan saat naik sepeda motor menggunakan rok saat berkendara. Penggunaan rok saat naik motor tidak dilarang, namun dalam safety riding disarankan pengguna sepeda motor menggunakan celana panjang saat berkendara. Menggunakan celana saat naik sepeda motor dinilai akan lebih nyaman dan leluasa bergerak dalam mengendalikan sepeda motor. Ladies bisa menggunakan rok sebagai pengganti jika sudah sampai tempat tujuan.

“Saat ini jumlah pengendara perempuan mengalami peningkatan setiap tahunnya. Agar dapat beraktivitas dengan aman, nyaman, dan tetap stylish, perempuan perlu memperhatikan cara berkendara yang aman dan saling menghormati sesama pengguna jalan lainnya. Untuk itu, diperlukan edukasi keselamatan berkendara yang tepat sehingga bersama-sama dapat mewujudkan keselamatan dan kenyamanan di jalan raya bagi semua orang dan #Cari_Aman saat berkendara. “kata Suhari, Marketing Communication & Development Division Head MPM Honda Jatim.

  • Bagikan