Perhatikan #Cari_Aman Bawa Barang di Motor, Jangan Sembarangan.

  • Bagikan

Surabaya,Madiun Raya- Sebagian besar sepeda motot sudah dilengkapi dengan segudang fitur dan teknologi yang mmbuat penggunanya makin nyaman dan mudah digunakan, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan para pengendara motor matik.

Salah satu fitur yang paling terasa manfaatnya pada motor berjenis skuter matik (skutik) adalah fitur hook atau gantungan untuk menggantungkan barang oleh pengendara.

Di beberapa model motor matik bahkan ada yang dibekali double hook (gantungan barang ganda) sehingga ada dua titik untuk menggantungkan barang, membuat pengguna bisa membawa barang lebih banyak dan nyaman.

Membawa barang bawaan secara sembarangan tentu dapat membahayakan dan memiliki risiko kecelakaan yang lebih besar terutama ketika berkendara menggunakan sepeda motor atau roda dua. Menempatkan/menggantungkan barang bawaan yang salah pada gantungan atau hook dapat mengakibatkan motor sulit dikendalikan.

Berikut tips bagaiman @Cari_Aman membawa barang menggunakan sepeda motor matic yang aman.

1. Beban maksimal.
Gantungan/hook memiliki batas maksimal beban yaitu ±15 kg yang dapat dilihat pada buku pedoman pemilik kendaraan atau pada labelling sticker informasi pada sepeda motor. Jika barang melebihi dari 15 kg, ada potensi gantungan/hook akan patah dan membahayakan kita dan pengendara lain.

2. Dimensi.
Jika kita membawa barang dan ditempatkan pada gantungan/hook diusahakan tidak memliki dimensi yang berlebihan yang dapat menyulitkan atau mengganggu pengendara ketika bermanuver dan membuat kaki pengendara sepeda motor matic tidak pada pijakan (step foor).

3. Tempat penyimpanan lain. Apabila membawa barang yang lebih berat atau dimensi nya lebih besar, kita bisa memanfaatkan bagasi pada sepeda motor yang biasanya terletak diabawah jok motor. Jika ingin memiliki bagasi tambahan yang lebih besar, kita bisa menggunakan alat bantu atau bagasi tambahan pada sepeda motor seperti box motor, custom box, tas pelana, tas ransel, atau diikat menggunakan tali pengikat/ ratchet tie down di jok belakang.

“Tips ringan ini dapat memberikan kenyamanan dan keamanan ketika kita berkendara membawa barang menggunakan sepeda motor agar selalu #Cari_Aman saat di Jalan.” kata Dimas Satria Kelana , Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim.

  • Bagikan