Tingkatkan IPM, Wali Kota Madiun jamin kesehatan seluruh Masyarakat Kota Madiun

oleh -2031 views

Kota Madiun – Portalnews Madiun Raya

Membuka Lokakarya Perencanaan Pembangunan Bidang Kesehatan yang digelar oleh Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Wali Kota Madiun berharap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Madiun terus meningkat.

Menurut Wali Kota Maidi, saat ini IPM Kota Madiun menempati peringkat tiga di Provinsi Jawa Timur. “IPM kita 80,91 dan menempati posisi ketiga di Jawa Timur. Sebaliknya angka kemiskinan kita berada nomor 3 dari bawah. Prestasi ini akan terus kita pertahankan dan akan kita dorong untuk terus meningkat, ” Ucap Wali Kota Maidi di GCIO Kota Madiun, Senin (08/03/2021).

Wali Kota Madiun didampingi Wakil Wali Kota menyampaikan bahwa IPM Kota Madiun harus naik dengan meningkatnya kesehatan bagi seluruh warga Kota Madiun.

Salah satu caranya, Wali Kota Madiun menjelaskan dengan jalan menjamin kesehatan seluruh masyarakat di Kota Madiun. “Walaupun nilainya naik, kita jamin kesehatan seluruh masyarakat Kota Madiun melalui Jamkesda. Kita siapkan anggaran 34 Milyar dan di PAK akan kita lunasi walaupun klaimnya menurun, ” Lanjut Wali Kota Maidi.

Dengan begitu, Wali Kota menambahkan masyarakat Kota Madiun akan merasa terlindungi. “Harapan kita, Imunitas warga terus meningkat utamanya menghadapi Pandemi Covid 19 yang masih berlangsung seperti saat ini. Ke depan, PPKM Mikro akan terus kita lakukan, meskipun begitu Lampu di jalan akan kita nyalakan dan PKL boleh buka hingga pukul 23.00 dengan catatan Protokol Kesehatan diterapkan dengan penuh disiplin, namun jika angka Covid 19 kembali naik maka akan kita kembalikan seperti semula, ” Ujar Wali Kota Maidi.

Soal stunting, Wali Kota menegaskan bahwa hal itu harus terus menurun prosentase nya. “Caranya adalah merencanakan setiap pasangan yang akan menikah, optimalisasi Air Susu Ibu bagi setiap bayi dan penyediaan asupan gizi yang cukup melalui Posyandu Balita. Intinya, perencanaan pembangunan bidang kesehatan di Kota Madiun harus berjalan baik diringi dengan bangkitnya perekonomian. Kita rem persebaran Covid dan kita gas untuk perekonomian. “Pungkas Wali Kota Maidi.

Wali Kota Madiun memberikan arahan dalam membuat Prioritas Pembangunan yang akan dilakukan di Kota Madiun.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Madiun, dr Denik Wuryani menyampaikan bahwa kegiatan lokakarya tersebut digelar untuk merencanakan pembangunan bidang kesehatan tahun 2022 mendatang.

“Fokus kita adalah menekan angka Covid 19 dan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia melalui berbagai program yang akan kita rencanakan. ” Ucap dr Denik Wuryani.

Lebih lanjut Denik menyampaikan bahwa hari ini pihaknya mendengarkan langsung arahan Wali Kota Madiun dan secara virtual menggunakan Zoom Meeting yang diikuti berbagai elemen di jajarannya maupun jajaran Pemkot Madiun. “Harapan kita, tercipta sinergitas dan rencana yang kita lakukan bisa berjalan baik dan lancar. ” Pungkas dr Denik Wuryani. (Adv/Yah/Gin).

Peliput : Yahya Ali Rahmawan

Penyunting : Agin Wijaya

Tinggalkan Balasan