Tanaman Porang Anjlok, Pemdes Sahang, Ngebel, beralih ke Tanaman Cengkeh

oleh -Dibaca oleh : 1811.059 Pemirsa
Slamet, Kepala Desa Sahang Kecamatan Ngebel Ponorogo
Slamet, Kepala Desa Sahang Kecamatan Ngebel Ponorogo

Ponorogo – Portalnews Madiun Raya

Anjloknya harga Tanaman Porang disikapi serius oleh Pemerintah Desa Sahang Kecamatan Ngebel dengan segera mempersiapkan Tanaman Cengkeh untuk ditanam oleh warganya.

“Harga Tanaman Porang yang anjlok membuat petani di Desa Sahang tidak seagresif tahun lalu. Dan kini kami mempersiapkan kembali untuk menanam Cengkeh disela-sela tanaman Durian yang memang menjadi trade mark di Kecamatan Ngebel,”Ucap Slamet, Kepala Desa Sahang, kepada Portalnews Madiunraya.com, Kamis (28/10/2021).

Ditemui diruang kerjanya, Slamet terlihat semangat saat membicarakan Tanaman Cengkeh. “Dulu, sekitar tahun 2000 an, Tanaman Cengkeh booming di Kecamatan Ngebel. Namun beberapa tahun kemudian, tanaman cengkeh terkena virus dan puncaknya di tahun 2015, banyak yang mati karena Virus Pucuk Daun,”Ungkap Slamet.

Kepala Desa Sahang itu menyampaikan alasan beralih ke Tanaman Cengkeh. “Harganya sudah mulai bagus mas. Selain itu Tanaman Cengkeh cepat dalam perkembangannya. Kalau ukuran normal, setelah ditanam, 4 tahun kemudian sudah mulai berbuah. Jauh jika dibandingkan dengan menanam durian. Kalau Cengkeh cepat kembali modal mas,”Urai Slamet.

Untuk itu, Slamet juga menjelaskan bahwa pihaknya menyiapkan 5000 bibit cengkeh yang akan dibagikan kepada masyarakat. “Jadi nanti, disela-sela Tanaman Durian dan Porang ada Cengkeh yang akan kami tanam,”Kata Slamet.

Tentang pengalaman banyak Tanaman Cengkeh yang mati, Slamet juga menjelaskan bahwa Virus bisa dilawan dengan pemupukan yang cukup baik. “Jadi, selain memutus mata rantai virus, juga perlu dilakukan pemupukan yang cukup baik. Fakta dilapangan, cengkeh yang mendapatkan perawatan dan pemupukan yang baik tetap bertahan saat serangan Virus.”Pungkas Kepala Desa Sahang. (Yah/Gin).

Peliput : Yahya Ali Rahmawan

Penyunting : Agin Wijaya

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.