Tanam 2000 bibit Porang, Afghani berharap masyarakat Pacitan punya alternatif komoditas pertanian yang punya nilai ekonomi tinggi

oleh -20158 views
Afghani Wardhana menanam porang di Desa Pucangombo Tegalombo Pacitan, Ahad (16/02/2020). (Foto - Yahya )
Afghani Wardhana menanam porang di Desa Pucangombo Tegalombo Pacitan, Ahad (16/02/2020). (Foto - Yahya )

Pacitan – Portalnews Madiun Raya

Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Kadispora) Surabaya, Afghani Wardana melakukan penanaman masal 2000 bibit porang di Desa Pucangombo Kecamatan Tegalombo, Pacitan, Ahad (16/02/2020).

loading...

Bersama ratusan lebih warga setempat, Afghani menanam bibit porang dilahan kas desa.

Dalam keterangannya, Afghani Wardana menjelaskan bahwa hari ini bersama warga Desa Pucangombo menanam Porang, “Tanaman ini sangat bermanfaat untuk bahan kosmetik dan bahan makanan sehingga memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi,” Ucap Afghani Wardana.

Kegiatan ini, lanjut Afghani adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, “Sehingga masyarakat di Pacitan tidak hanya bergantung dengan tanaman yang selama ini ditanam, seperti ketela pohon dan lain sebagainya, masyarakat punya tanaman alternatif yang terbuka untuk pemasaran nasional dan internasional,” Lanjut Bakal Calon Bupati Pacitan itu.

Afghani juga menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan langkah awal. “Kedepan, kita juga akan menyediakan bibit lagi untuk ditanam dibeberapa tempat di Pacitan, harapan kami adalah masyarakat petani di Pacitan bisa meningkat kesejahteraannya dengan menanam tanaman yang bernilai ekonomi tinggi,” jelas Afghani.

Beberapa waktu yang lalu, kata Afghani, dirinya mendampingi Walikota menemui Konsulat Jenderal Indonesia di Pakistan, “Dari pembicaraan kami peluang untuk ekspor hasil bumi sangat terbuka, tinggal bagaimana Indonesia menindak lanjuti hal itu terutama petani yang menanam hasil bumi seperti kunyit, porang dan lainnya serta rempah-rempah seperti cengkeh. Sekali lagi dengan kegiatan ini harapan kami adalah menumbuhkan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan petani.” Pungkas Afghani Wardhana.

Sementara menurut Kepala Desa Pucangombo, Midi, warganya sangat berterima kasih dengan kegiatan tersebut. “Ini sangat membantu sekali mas, karena saat ini Porang memiliki nilai jual yang bagus sehingga menjadi tanaman primadona di desa kami, namun kendalanya adalah modal untuk membeli bibit dan hari ini kami mendapatkan bantuan dari Pak Afghani, sangat membantu kami dalam mengembang biakan tanaman ini, karena porang cukup ditanam sekali dan bisa dilanjutkan untuk tahun-tahun berikutnya, terima kasih Pak Afghani.” Pungkas Midi.

Nur, Warga setempat juga berterima kasih dengan kegiatan penanaman masal bibit porang didesanya itu. “Alhamdulillah dengan kegiatan ini dapat membantu masyarakat untuk menanam tanaman yang saat ini lagi tren, harganya di pasar sangat bagus dan kami berharap akan meningkatkan perekonomian masyarakat.”Pungkas nya.

Usai melakukan penanaman masal, Warga Desa Pucangombo berfoto bersama dengan Afghani Wardana dan makan bersama di tempat penanaman. (Yah)

Tinggalkan Balasan