Siswa SMK TBSM Honda Juara LKS Tingkat Jatim

oleh -20182 views

Surabaya – Portalnews Madiunraya

Sahroni asal SMKN1 Bendo Magetan yang merupakan SMK TBSM Astra Honda binaan PT. Mitra Pinasthika Mulia ( MPM) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT bersama PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan menyabet juara pertama Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat regional Jawa Timur (25/04). Lomba Kompetensi Siswa (LKS) merupakan sebuah event perlombaan yang diadakan oleh Mendiknas dengan format seperti Kontes SMK namun berskala nasional yang melibatkan all brand untuk materi pengujiannya dan diikuti seluruh SMK jurusan TSM/TBSM di seluruh Indonesia.

Pemenang lomba LKS tingkat provinsi, Sahroni mengatakan sangat bersyukur dan bangga dapat mewakili Jawa Timur dalam lomba LKS ini . Persiapan untuk menghadapi LKS ini saya rajin berlatih .

Gelaran kompetisi LKS untuk SMK yang diadakan tahun ini menjadi spesial dikarenakan untuk pertama kalinya kompetisi ini melombakan jurusan TKM/TKR. Seleksi diadakan pada bulan Februari di 4 wilayah kerja. Seleksi Wilayah kerja 1 meliputi Madura, Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro yang diadakan di Surabaya

Seleksi di wilayah kerja 2 yang meliputi Madiun, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Ngawi, Nganjuk, Jombang di adakan di Madiun. Sedangkan seleksi diwilayah kerja 3 meliputi Malang Raya, Blitar, Tulungagung, Kediri, Mojokerto diadakan di Malang. Dan untuk seleksi wilayah kerja 4 yang meliputi Banyuwangi, Jember, Bondowoso, Situbondo, Probolinggo, Lumajang, Pasuruan, diadakan di Probolinggo.

Di masing – masing seleksi tingkat wilayah kerja diambil 5 peserta terbaik pada yang mengikuti seleksi LKS tingkat propinsi pada tanggal 24 – 27 April 2019 yang dilaksanakan di Sidoarjo dan Surabaya. Diantara 20 peserta yang lolos mengikuti seleksi LKS tingkat propinsi 16 diantaranya merupakan siswa SMK TBSM Honda binaan dari MPM.

Agar menjadi yang terbaik di LKS tingkat provinsi , peserta harus saling unjuk ketrampilan/skill, kesiapan, kemampuan dan kepandaian. Peserta juga diberikan 12 jenis soal Praktek Meja ( kerja bangku) dan juga trouble shooting. Pada tahapan LKS tingkat provinsi ini dipilih 3 terbaik. Dan terbaik pertama akan mewakili Jawa Timur untuk bertarung dengan 33 siswa SMK terbaik dari seluruh provinsi Indonesia di LKS tingkat nasional

3 terbaik seleksi LKS tingkat provinsi adalah :

  1. Juara 1 : Sahroni, SMKN1 Bendo Magetan
  2. Juara 2 : Galih Saputro, SMKN1 Geger Madiun
  3. Juara 3. :Romi Bagas Setiawan, SMK Al Huda Kediri.

Tinggalkan Balasan