Sebanyak 2.364 pelajar SD sampai SMP se Eks Karesidenan Madiun

oleh -2059 views

Ponorogo, Portalnews Madiun Raya

Ribuan pelajar SD dan SMP beradu kemampuan matematika dalam ajang babak semifinal Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) se-Indonesia ke-15 wilayah Ponorogo, Minggu (23/2/2020) di SD Muhammadiyah Ponorogo dan MTs Negeri 2 Ponorogo.

Ketua panitia pelaksana Semi Final KMNR 15 Ponorogo, Krisbiantoro mengatakan pelaksanaan semi final KMNR 15 kali ini diikuti 2.364 pelajar SD sampai SMA dari 5 kota/kabupaten di Karesidenan Madiun. Daerah tersebut antara lain, Madiun, Magetan, Ngawi, Pacitan dan Ponorogo.

“Karena membeludaknya peserta, semi final dibagi menjadi dua tempat dan dua sesi dan dimulai sekitar pukul 07.30 sampai pukul 12.00 WIB. Untuk sesi 1 diperuntukkan bagi kelas 1-2 SD, 7-9 SMP dan 10-11 SMA serta untuk sesi selanjutnya diperuntukkan kelas lainnya.
Secara umum pelaksanaan lomba berjalan tertib dan lancar. Para peserta, terutama dari luar kota telah tiba dilokasi sejak pagi, ” Ucapnya.

Mereka datang secara mandiri dengan menggunakan armada pribadi maupun secara rombongan dengan menggunakan bus.
“Secara umum jalannya berlangsung tertib dan lancar, peserta dari luar kota mulai berdatangan sejak pagi baik dengan armada pribadi maupun secara rombongan dengan menggunakan bus ” ujar Krisbiantoro yang juga guru di SD Muhammadiyah Ponorogo.

“Begitu juga suasanya saat lomba, anak-anak merasa nyaman dan tenang saat mengerjakan soal, mudah-mudahan banyak yang lolos ke babak final” lanjut Krisbiantoro.

Adapun untuk hasil semi final KMNR 15 ini akan diumumkan pada tanggal 19 Maret 2020.

Di tempat yang sama juga diadakan Olimpiade Guru Matematika (OGM) ke-5 dan penyerahan piagam Juara Penyisihan KMNR tingkat Kota. Untuk OGM ke-5 diikuti sebanyak 25 peserta.
Krisbiantoro juga menambahkan bagi peserta yang belum lolos ke babak semifinal ini, jangan berkecil hati, masih banyak kesempatan untuk mengasah kemampuan dan menambah pengalaman dalam berkompetisi. Salah satu ajang yang dapat dijadikan wadah mengukur kemampuan tersebut adalah International Kangaroo Mathematics Contest (IKMC) yang akan diselengarakan pada 21 Maret 2020.

“Ajang ini sangat cocok untuk menambah jam terbang kemampuan siswa baik SD, SMP, maupun SMA. Terlebih, IKMC ini telah terselenggara sejak tahun 1991 dengan peserta lebih dari75 Negara di dunia,” tutup Krisbiantoro.

Tinggalkan Balasan