Pola Peradaban baru di Kota Madiun, Gas Ekonomi, Rem Covid 19

oleh -2026 views

Kota Madiun – Portalnews Madiun Raya

Menghadapi peradaban baru di tengah Pandemi Covid 19 Wali Kota Madiun, Drs H Maidi, SH MM M. Pd memiliki cara yang cerdas.

Wali Kota menargetkan Kota Madiun menjadi sentra jujugan bagi 8 daerah yang lain di wilayah Jatim Barat.

Hal itu disampaikan oleh Wali Kota dalam kegiatan Bimbingan Teknis Kemitraan Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru Pariwisata di Hotel Aston, Sabtu (12/09/2020).

Wali Kota Maidi saat memberikan sambutan kepada Pelaku Wisata, UKM dan Industri Kreatif di Kota Madiun.

Menurut Wali Kota, pola Peradaban Baru di Kota Madiun adalah meningkatkan sektor ekonomi dan menekan angka Covid 19.

“Ekonomi harus tumbuh di Kota Madiun, jadi ekonomi kita gas terus. Caranya adalah dengan mendatangkan orang ke Madiun dan mereka berbelanja di kota ini. Walaupun tidak ada Sumber Daya Alam, kita membuat wisata buatan yang menarik melebihi kota yang lain seperti Yogyakarta, ” Terang Wali Kota.

Dengan pengunjung yang datang, maka UKM di Kota Madiun akan hidup. “Caranya adalah membuat produk yang menarik dan kreatif sehingga para pengunjung akan tertarik untuk membeli produk tersebut, ” Lanjut Wali Kota Maidi.

Untuk masa pandemi Covid 19, Wali Kota menyampaikan bahwa Kota Madiun menerapkan protokol kesehatan secara masif. “Jika ekonomi kita gas, maka untuk Covid kita rem semaksimal mungkin. Semua kegiatan kita batasi hingga pukul 22.00 semua harus tutup dan masyarakat harus beristirahat yang cukup, berolahraga secara rutin, mengkonsumsi nutrisi yang sehat dan selalu gembira agar imunitas selalu terjaga,” urai Wali Kota Maidi.

Disaat masyarakat tidak berkegiatan itulah Kota Madiun kita bersihkan dan kita semprot disinfektan. “Sehingga, paginya kita ini menjadi bersih, steril dan bebas Covid 19, selain itu kita memaksimalkan agar orang datang ke Madiun untuk berkegiatan di hotel atau tempat lain di Madiun seperti seminar ataupun kegiatan yang lain. Namun, dengan tetap menjaga protokol kesehatan, dengan cara itu kita harapkan pertumbuhan ekonomi tetap melaju sementara Covid 19 dapat kita tekan dan kita kendalikan.” Pungkas Wali Kota Maidi.

Abdul Hakim Bafagih, anggota DPR RI Komisi X saat memberikan sambutan melalui Zoom.

Sementara Abdul Hakim Bafagih, anggota DPR RI Komisi X menyambut baik program kegiatan yang dilakukan oleh Wali Kota Maidi untuk memajukan Kota Madiun. “Jika 8 daerah dengan penduduk 7 juta orang, setengahnya saja atau 3,5 juta datang ke Madiun dan masing-masing membelanjakan Rp 50 ribu – 100 ribu per orang, maka akan ada perputaran ekonomi yang luar biasa, ini yang akan terus kita dukung,” ucap Abdul Hakim, anggota Komisi X DPR RI yang membidangi Pendidikan, Kepemudaan, Olahraga, Perpustakaan, Pariwisata.

Sementara Indri Wahyu Susanti, Kabid Pemasaran V Direktorat Pemasaran Pariwisata Regional I, pihaknya mendorong agar sektor wisata tetap tumbuh dengan baik. “Sektor wisata harus terus bergerak agar bisa tetap tumbuh, tentunya dengan penerapan protokol kesehatan secara disiplin,” ucapnya.

Kegiatan tersebut digelar oleh Direktorat Pemasaran Pariwisata Regional I, Deputi Bidang Pemasaran, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang dihadiri pelaku wisata, UKM dan Industri Kreatif di Kota Madiun. (Adv/Yah/Gin).

Peliput : Yahya Ali Rahmawan

Penyunting : Agin Wijaya

Tinggalkan Balasan