PISEW Gondang – Mujing permudah akses Ekonomi, Pendidikan dan Kesehatan

oleh -20146 views

Pacitan – Portalnews Madiun Raya

Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) tahun 2021 yang dilakukan di Desa Gondang dan Desa Mujing Kecamatan Nawangan akan semakin mempermudah akses dua desa tersebut.

Sebelumnya diketahui bahwa jalan tersebut sangatlah terjal ekstrim dan licin saat hujan. Tidak banyak kendaraan yang bisa melintas di medan tersebut.

Namun dengan usulan yang disampaikan oleh masyarakat dan direalisasikan melalui anggota DPR RI Komisi V, waktu itu Gatot Sudjito, akhirnya pembangunan jalan sepanjang 1 km lebih tersebut bisa terealisasi.

Bahkan selain pembangunan jalan, ada dua talud yang dibangun sehingga semakin mempermudah akses transportasi baik dalam pengerjaan proyek maupun manfaat kedepan sehingga jalur tersebut bisa menjadi alternatif yang cepat dalam mendukung mobilitas masyarakat di kedua desa.

Kepala Desa Gondang, Drs Suhardi. (Yahya AR/Madiunraya.com)

Kepala Desa Gondang, Drs Suhardi mengungkapkan bahwa dirinya sangat bersyukur sekali. “Setelah menunggu sekian waktu, akses yang sebelumnya sulit dan terjal bisa dibangun di tahun 2021 ini. Apalagi, selama dua tahun terakhir tidak ada pembangunan infrastruktur fisik karena fokus Pemerintah Desa Gondang adalah penanganan Covid 19,” Ucap Suhardi, Selasa (13/07).

Kepala Desa 3 periode itu juga menyebutkan bahwa dengan dibangunnya jalan yang menghubungkan Desa Gondang dan Desa Mujing itu akan mempermudah akses 3 bidang. “Yang pertama adalah akses kesehatan, kita tahu, saat ini kesehatan menjadi prioritas. Dengan jalur yang mudah maka akses kesehatan akan semakin cepat. Penanganan orang sakit di dua desa ini akan semakin cepat, baik menuju Rumah Sakit ataupun Tenaga Medis yang berkunjung ke tempat pasien,” Ujarnya.

Yang selanjutnya, Suhardi juga menyampaikan bahwa ekonomi dan pendidikan akan semakin lancar dengan dibangunnya jalan antar desa tersebut. “Melalui PISEW ini ekonomi dan pendidikan akan semakin lancar. Masyarakat yang hendak ke Pasar akan semakin mudah. Pun, dengan murid yang akan belajar dan Guru yang akan mengajar, tidak perlu memutar karena saat ini jalan sudah bagus,” Jelas Suhardi.

Puluhan pekerja diserap dalam pengerjaan PISEW tahun 2021.

Dan yang sangat penting, Suhardi menambahkan bahwa dengan adanya PISEW tahun 2021, banyak tenaga kerja yang terserap. “Karena dampak Covid 19, banyak tenaga kerja yang menganggur. Maka, dengan adanya program PISEW ini kita ambilkan tenaga dari dua desa, baik Desa Gondang maupun Desa Mujing. Penyedia material juga mengambil dari armada warga setempat, sehingga dengan adanya proyek ini sedikit banyak membantu masyarakat yang terdampak dengan adanya Pandemi Covid 19,” Urai Drs Suhardi.

Kedepan, Suhardi berharap dengan dibangunnya jalan antar desa melalui PISEW tahun 2021 ini akan memberikan nilai dan manfaat bagi masyarakat di dua desa pada khususnya dan masyarakat di Kabupaten Pacitan pada umumnya. “Dan kita berharap, program-program serupa bisa turun lagi di desa kami.” Pungkas Drs Suhardi. (Yah/Gin).

Peliput : Yahya Ali Rahmawan

Penyunting : Agin Wijaya

Tinggalkan Balasan