Petugas Pemutakhiran Data Pemilih Kecamatan Bungkal jalani Rapid Test Covid 19

oleh -2074 views
PPDP KPU Ponorogo saat di Rapid Test.
PPDP KPU Ponorogo saat di Rapid Test.

Ponorogo – Portalnews Madiun Raya

Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) se Kecamatan Bungkal menjalani rapid test covid-19 di Pendopo Kecamatan Bungkal pada Sabtu (11/7).

loading...

Di jelaskan oleh Ketua PPK Bungkal Taufik Qurrohman, S.Hi bahwa kegiatan Rapid Tes PPDP pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 itu dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Bungkal. “Kegiatan ini terbagi menjadi tiga gelombang. Gelombang pertama yaitu Pukul 08.00-09.00 Wib, Gelombang kedua Pukul 09.00-10.00 Wib sedangkan gelombang ke tiga Pukul 10.00-11.00 Wib. Untuk peserta yang di lakukan rapid tes sebanyak 83 Orang berdasarkan jumlah TPS yang ada di Kecamatan Bungkal pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang tersebar di 19 Desa, ” Terang Taufiq kepada Portalnews Madiunraya.com.

Lebih lanjut Taufik menjelaskan bahwa untuk mekanismenya, KPU Ponorogo sudah berkoordinasi dengan DINKES dan GUGUS TUGAS Kabupaten Ponorogo, “Kemudian mereka ada instruksi ke Puskesmas lalu kita koordinasi di tingkat kecamatan antara PUSKESMAS dan PPK. Dan untuk pelaksanaan Rapid Tes ini, kita mengikuti jadwal dari petugas medis yang di sediakan oleh DINKES, ” Terangnya.

Kegiatan Rapid Test Covid 19 yang diikuti oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Kecamatan Bungkal di Pilbup Ponorogo. (Foto – Amar)

Senada dengan Ketua PPK Bungkal, R. Gaguk Ika Prayitna,S.Sos,M.A.P Komisioner KPU Divisi Hukum dan Pengawasan yang pada saat itu monitoring ke PPK Bungkal menyampaikan bahwa pada intinya pada setiap tahapan di pemilihan Bupati dan Wakil Bupati ini akan di tambahkan dengan protokol pencegahan Covid. “Kemudian PPDP ini menjalankan rapid tes ini karena dia akan mencoklit ke Door to Door, setidaknya kita harus pastikan bahwa petugas kita, Petugas PPDP ini bersih dan sehat terbebas dari Covid 19,” Ucapnya.

Di waktu yang berbeda petugas Puskesmas Bungkal, Hari menjelaskan bahwa pemeriksaan Rapid Tes di Pendopo Kecamatan Bungkal itu, dari Puskesmas Bungkal selaku tim pemeriksa melakukan Rapid tes. “Rapid Tes adalah tes untuk mengetahui yang bersangkutan atau individu mungkin ada yang memiliki gejala ke arah Covid-19 apa tidak. Untuk yang di periksa hanya sampling darahnya saja.” Ucap Hari. (Mar/Gin).

Peliput : Amar Makruf

Penyunting : Agin Wijaya

Tinggalkan Balasan