Miliki Peternakan Sapi, Desa Ketawang bersiap Produksi Pupuk Organik dan Bio Gas

oleh -2052 views

Dolopo – Kabupaten Madiun – Portalnews Madiun Raya

Desa Ketawang, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun kini bersiap menjadi produsen Pupuk Organik bahkan Bio Gas.

Hal itu disampaikan oleh Mashuri, BA, Kepala Desa Ketawang kepada Awak Media di lokasi Peternakan Sapi milik Kelompok Tani “Tani Jaya”.

“Di desa kami ada kelompok Tani yang bernama “Tani Jaya” yang beranggotakan 20 orang. Awalnya membuat proposal ke Kementerian Pertanian berupa 20 ekor sapi indukkan, Alhamdulillah atas bantuan dari Anggota DPR RI H Muhtarom proposal kami di setujui dan diberikan 20 ekor sapi tersebut untuk Kelompok Tani Jaya yang sudah berlangsung 6 bulan,” Ujar Mashuri, Kamis (29/04/2021).

20 ekor sapi bantuan dari Kementerian Pertanian untuk Kelompok Tani “Tani Jaya” Desa Ketawang Kecamatan Dolopo, kini sudah 9 yang di kawin suntik.

Setelah berjalan 6 bulan terakhir, lanjut Mashuri, dari 20 ekor sapi sudah 9 yang di kawin suntik. “Harapan kami, 20 ekor sapi ini beranak pinak dan terus berkembang,” Lanjut Kepala Desa Ketawang.

Selain berkembang dengan baik, Mashuri BA juga menyampaikan bahwa kotoran sapi yang terus dikumpulkan setiap hari akan dimanfaatkan untuk pembuatan Pupuk Organik dan Bio Gas. “Harapan kami adalah mampu membuat pupuk organik dan pembuatan bio gas. Alhamdulillah, 2 minggu yang lalu sudah disurvey dari Kementrian Lingkungan Hidup untuk pengadaan alat pengolahan limbah dari kotoran sapi, semoga ini cepat terealisasi,” Terang Mashuri BA.

Sapi Penggemukkan milik Kelompok Tani “Tani Jaya” siap dilepas pada bulan kurban mendatang.

Dengan dibuatnya Pupuk Organik, Kades Ketawang berharap bisa mengurangi ketergantungan petani khususnya Desa Ketawang akan ketergantungan terhadap pupuk kimia apalagi saat ini pupuk kimia sangat mahal. “Pun dengan bio gas, mampu memberikan sumber energi dengan ramah lingkungan karena menggunakan Kotoran Sapi,”Jelas Mashuri BA.

Selain bantuan indukan dari Kementerian Pertanian, Kelompok Tani Jaya Desa Ketawang juga sudah memiliki Sapi Penggemukkan. “Untuk penggemukkan akan dilepas pada bulan besar untuk ibadah kurban kalau sudah memenuhi akan dijual ke jagal lokal dan nantinya akan dibelikan bibit yang baru dan akan terus kita kelola dengan baik.”Pungkas Mashuri, BA, Kepala Desa Ketawang. (Yah/Gin).

Peliput : Yahya Ali Rahmawan

Penyunting : Agin Wijaya

Tinggalkan Balasan