Menuju Desa Wira Usaha Mandiri tahun 2025, Kades Karang Patihan maksimalkan PTSL

oleh -2035 views

Ponorogo – Portalnews Madiun Raya

Mimpi menjadikan desanya menjadi Desa Wira Usaha Mandiri membuat Eko Mulyadi secara bertahap menapaki langkah menuju cita-citanya itu. 

Eko Mulyadi yang sudah dua periode menjadi Kepala Desa di Karang Patihan ini menyebutkan bahwa banyak potensi yang ada di wilayahnya itu. “Kerajinan Batik Ciprat, Seni Ukir, Kerajinan Keset, Olahan Makanan dan Wisata Alam maupun edukasi melengkapi potensi pertanian dan perkebunan yang ada, ” Terang Eko kepada pewarta, Selasa (06/04/2021). 

Di bidang pertanian, Eko sudah merintis perkebunan jeruk seluas 4 hektar. “Mimpi kami adalah menjadikan desa kami menjadi Desa Wira Usaha Mandiri yang kita targetkan pada tahun 2025 mendatang, untuk itu kita sudah siapkan infrastruktur menuju hal tersebut, ” Lanjut Kepala Desa yang sudah banyak meraih penghargaan tersebut. 

Untuk itu, Eko menyampaikan bahwa dirinya akan memaksimalkan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang merupakan program strategis nasional yang diinisasi oleh ATR/BPN. “Mengapa hal itu kita lakukan?, karena dengan memiliki sertifikat tanah maka kita akan lebih mudah untuk mendapatkan pinjaman modal usaha ke perbankan sehingga kita bisa memajukan dan memaksimalkan usaha yang kita miliki, ini yang akan terus kita lakukan sambil terus melobi ke Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat melalui Kementerian terkait agar perputaran usaha baik permodalan, pendampingan produksi hingga pemasaran produk warga Desa Karang Patihan bisa lancar dan bisa meningkatkan kesejahteraan. ” Pungkas Eko Mulyadi. (Yah/Gin). 

Peliput : Yahya Ali Rahmawan

Penyunting : Agin Wijaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *