Melalui Program Scale Up BUMdes, Peneliti UMPO Kembangkan BUMDES TURI

oleh -Dibaca oleh : 3044 Pemirsa
Peneliti UMPO bersama Pemdes Turi saat Launching BMT TURI
Peneliti UMPO bersama Pemdes Turi saat Launching BMT TURI

Ponorogo – MADIUNRAYA.COM

BMT TURI ini sendiri sudah berjalan mulai tahun 2018, yang beranggotakan masyarakat desa setempat. Jika dihubungkan dengan potensi desa yang ada di Desa Turi, maka peran Lembaga Keuangan desa sebenarnya memiliki peran penting. Lembaga keuangan berperan memperkuat aspek finansial dalam pengembangan UMKM yang membutuhkan peningkatan skala usaha.

Dalam kegiatan penelitian ada beberapa kegiatan yang dilakukan yakni survey lapangan, penggalian data potensi desa, FGD, pelatihan dan pendampingan pengelolaan lembaga keuangan syariah dan Bimbingan teknis. Kegiatan dimulai pada bulan September hingga Desember 2021.

Pada hari ini dilaksanakan launching BMT TURI yang diresmikan langsung oleh Bapak Muklis selaku Kepala Desa Turi. Acara dilaksanakan secara sederhana mengingat masih dalam kondisi Pandemi.
” Tentunya kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Potensi Desa khususnya UMKM sangat butuh kerjasama dengan lembaga keuangan. Dan apabila lembaga keuangan tersebut dimiliki bersama, maka akan jauh memiliki value yang berbeda”, kata Mukhlis.

“Penelitian ini berfokus pada peningkatan skala lembaga keuangan milik BUMDES TURI BERKEMBANG melalui pengembangan usaha berbasis syariah dan digitalisasi program. Kami berusaha menjalankannya dengan baik agar bisa membawa manfaat bagi semua.”, Kata Fery Setiawan, ketua Tim Peneliti. (yah/gin).

Peliput : Yahya Ali Rahmawan

Penyunting : Agin Wijaya

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.