Ketua DPRD Ponorogo mengapresiasi Pemkab Ponorogo yang melaunching Gerakan Ketahanan Pangan Dapur Untuk Meminimalisir Dampak Covid-19

oleh -2018 views
Ketua DPRD Ponorogo saat melakukan Penebaran Benih Ikan sebagai salah satu upaya melakukan Ketahanan Dapur ditengah Pandemi.
Ketua DPRD Ponorogo mengapresiasi Pemkab Ponorogo yang melaunching Gerakan Ketahanan Pangan Dapur Untuk Meminimalisir Dampak Covid-19

Ponorogo – Portalnews Madiun Raya

Pademi covid-19 membuat kebutuhan pangan akan sayur mayur menipis, hal ini membuat Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni mencetuskan program gerakan ketahanan pangan dapur di seluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Ponorogo melalui Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan, Selasa(30/6/2020).

loading...

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni melaunching gerakan ketahanan pangan dapur tersebut di Desa Nglumpang, Kecamatan Mlarak, dan di Desa Tegalsari, Kecamatan Jetis.

Penanaman Bibit Buah di pekarangan sebagai salah satu upaya melakukan Ketahanan Dapur ditengah Pandemi.

Ketua DPRD Kabupaten Ponorogo, Sunarto, menyambut baik dan mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Pemkab Ponorogo untuk terus meminimalisir dampak Covid 19. “Kita mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Pak Bupati. Kita tahu, pangan adalah hal yang sangat pokok dan mendasar, untuk itu mari kita dukung langkah Pemkab Ponorogo untuk membuat ketahanan pangan dari pekarangan yang kita miliki masing-masing,” Ucap Sunarto.

Ketua DPRD juga mengatakan di Kabupaten Ponorogo mempunyai lahan pertanian yang cukup besar yaitu 63 persen itu pertanian yang setara dengan 84 hektar, yang sebagiannya adalah pekarangan. Gerakan ini nantinya akan memanfaatkan pekarangan masyarakat supaya bermanfaat ditengah pandemi global covid-19, sehingga kebutuhan akan sayur mayur dan protein hewani masyarakat tercukupi ditengah pandemi global covid-19.“Kita memberikan bantuan kolam terpal, benih lele beserta pakan, dan beberapa jenis sayur mayur yang sering digunakan di dapur seperti sawi, kangkung, keniker, dan lain sebagaianya, untuk buah-buahannya kita bantu kelengkeng, belimbing, dan jambu air. Sehingga pekarangan masyarakat bisa dimanfaatkan serta dampak covid-19 nantinya tidak terasa karena suplay kebutuhan dapur bisa tercukupi melalui pekarangannya masing-masing,” jelasnya.

Launching Program Ketahanan Dapur di Kabupaten Ponorogo.

Ini merupakan program sosial ekonomi sebagai upaya meminimalisir dampak covid-19. Karena kalau program ini bisa berjalan, rumah tangga di Ponorogo bisa mencukupi kebutuhan sayur mayur harian.“Syukur-syukur kalau bisa lebih dalam jumlah produksi sayurnya nanyinya bisa mengurangi pengeluaran sekaligus bisa menambah pendapatan, itu yang paling penting.”Pungkasnya.

Dalam kesempatan itu Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni didamping Ketua Tim Penggerak Kabupaten Ponorogo, Ketua DPRD, Komandam Kodim 0802/Ponorogo, Kapolres Ponorogo, beserta Kepala Dinas melakukan penanaman pohon dan penebaran benih ikan serta melihan pangan alternatif. (Adv/Yah/Gin)

Tinggalkan Balasan