Atasi Masalah Sampah, Bupati Ponorogo jadikan Limbah untuk Bahan Baku Pabrik dan Sumber Energi

oleh -Dibaca oleh : 2085 Pemirsa
Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, menunjukkan Briket yang merupakan hasil pengolahan Sampah menjadi Sumber Energi
Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, menunjukkan Briket yang merupakan hasil pengolahan Sampah menjadi Sumber Energi

Ponorogo – Portalnews Madiun Raya
Inovasi terus dilakukan oleh Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko untuk mengatasi persoalan yang ada di Bumi Reyog.

Salah satunya tentang sampah yang menggunung di TPA Mrican Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Selain dipilah menurut jenisnya, Bupati Sugiri membuat Briket atau sumber energi yang ramah lingkungan.

“Setiap hari, TPA Mrican ini menerima kiriman sampah 90 Ton. Sehingga perlu pengolahan yang cepat agar tidak menumpuk dan menimbulkan masalah baru, ” Ucap Bupati Sugiri Sancoko, Selasa (14/09).

Lebih lanjut Bupati Ponorogo menyampaikan bahwa ditangan anak-anak yang kreatif, limbah plastik diolah menjadi bijih plastik. “Yang kertas diubah menjadi Pulp atau Bubur Kertas, masing-masing sudah ada yang memesan, baik pabrik plastik maupun pabrik kertas serta pabrik pupuk. Dan sampahnya sampah, kita buat briket sebagai sumber energi ramah lingkungan seperti Batu Bara, ” Terang Bupati Sugiri Sancoko.

Bupati Ponorogo itu juga menyatakan bahwa setiap hari sampah yang mampu diolah bisa mencapai 30 ton sehari. “Sementara 4,5 ton sampah dapat dijadikan 1,5 ton briket.

Harapannya, dengan direcycle menjadi produk yang bermanfaat dan memiliki ekonomi akan menambah kesejahteraan masyarakat. ” Yang terpenting masalah sampah di Ponorogo bisa teratasi. Kedepan, Ponorogo akan bebas sampah. ” Pungkas Sugiri Sancoko. (Yah/Gin).

Peliput : Yahya Ali Rahmawan

Penyunting : Agin Wijaya

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.