Mengenang Almarhum Mas Tris, Ketua PSHT Cabang Ponorogo yang santun dan senantiasa menjaga Wudhu

  • Bagikan

Ponorogo – Portalnews Madiun Raya

Tatapannya tajam, namun teduh. Itu kesan pertama saya sekitar bulan Maret 2021 ketika bertemu dengan sosok Mas Sutrisno, S.Pd, Ketua PSHT Cabang Ponorogo yang saat itu baru dilantik.

Sebelumnya, saya bersama rekan yang lain pernah sowan kerumahnya untuk wawancara tentang PSHT.”Nanti saja mas, setelah dilantik. Ini baru de jure, secara de fakto kan belum,”Ucapnya waktu itu dengan santun dan senyum tipis di bibirnya.

Usai pelantikan di Padepokan PSHT Cabang Ponorogo, kami pun SOWAN kerumah beliau di Sampung Ponorogo.

Karena sudah janjian, Beliau yang saat itu berada dikediamannya menyambut kami dengan ramah. “Silahkan dek, saya tak mempersiapkan dulu,”Ucapnya kala itu usai meyambut salam kami.

Mas Tris, panggilan akrabnya terlihat tegas layaknya seorang pendekar silat namun tetap santun dalam ucapan dan tindakan, itu penilaian sekilas kami.

“Saya menjadi warga PSHT tahun 1979, satu liting dengan Mas Budi (Prijono Budi S., Ketua PSHT Cabang Ponorogo sebelumnya). Saya dulu semangat dalam latihan, berangkat jam 14.00 bisa pulang malam atau pulang pagi dan dulu saya naik sepeda dari rumah untuk latihan di Tambak Bayan,” Cerita Mas Tris.

BACA JUGA :

Ini 4 pesan Almarhum Mas Tris, Ketua PSHT Cabang Ponorogo

Bahkan menurut Mas Tris, keluarganya tidak tahu kalau dirinya ikut latihan silat. “Baru ketika saya Sabuk Hijau, keluarga mengetahui kalau saya ikut latihan PSHT,”Ungkap Mas Tris.

Singkat cerita, Mas Tris menyampaikan bahwa dirinya berhasil melalui perjuangannya menjadi Pendekar PSHT dan berkarier sebagai pendidik serta tetap aktif dalam organisasi.

“Penghujung tahun 2020, saat Pilkada saya masuk menjadi salah satu calon Ketua PSHT Cabang Ponorogo bersama Mas Catur dari Korem dan Mas Komaruddin, dan kemudian PSHT Pusat Madiun menunjuk saya untuk menjadi koordinator PSHT Cabang Ponorogo,”Jelasnya.

Mas Tris lalu menyebutkan banyak hal yanga akan dilakukan oleh PSHT Cabang Ponorogo untuk terus berperan dalam menciptakan kondusifitas dan prestasi nasional bagi para pendekar sebagaimana Aji Bangkit Pamungkas yang telah berhasil mengharumkan nama Indonesia dan nama PSHT ke dunia internasional setelah merebut medali emas dalam Asian Games tahun 2018.

Kembali ke sosok Mas Tris. Pendekar PSHT tersebut menceritakan bahwa dirinya tetap aktif berlatih dalam menjaga ilmu yang telah diperolehnya. “Olah fisik tetap saya lakukan, sementara olah batin saya rajin berpuasa dan selalu menjaga wudhu dalam keseharian. Mengapa ? dengan menjaga kesucian maka kita akan selalu terhubung dengan Sang Pencipta, Alloh SWT. Itu yang terus saya lakukan hingga saat ini. Hasilnya, Alhamdulillah, banyak keberuntungan yang saya rasakan. Bahkan dulu saya pernah terkena serangan Stroke namun hanya 1 minggu dan kembali pulih sehat seperti saat ini.”Cerita Mas Tris kala itu.

Namun kabar duka itu datang pada Sabtu Sore, 04 September 2021. Mas Tris, sosok pendekar yang tegas namun mengayomi itu telah wafat karena sakit sejak seminggu yang lalu di sebuah Rumah Sakit di Ponorogo.

Semoga engkau mendapatkan tempat terbaik disisi Alloh SWT. Amiin. (Yah/Gin).

Peliput : Yahya Ali Rahmawan

Penyunting : Agin Wijaya

  • Bagikan