HUT Satpam 39, Kapolres Madiun : Satpam Mitra utama Polri

  • Bagikan

Kabupaten Madiun – Portalnews Madiun Raya

Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Pengamanan (Satpam) ke- 39 tahun 2020, Polres Madiun dan jajarannya menggelar Upacara di halaman Tri Brata Polres Madiun, Rabu (22/01/2020).

Hadir dalam upacara tersebut, Bupati Madiun H. Ahmad Wawami Ragil Saputra, S.Sos, Forkopimda Lanud Letkol Lek Agung Setiawan, Ketua DPRD Kab. Madiun Sdr. Feri Sudarsono SH, Dandim 0803 Madiun diwakili Kasdim 0803 Madiun Mayor Mulyadi, Ketua PN Arif Budi Cahyono,SH, MH, Kepala Kejaksanaan Negeri Kab. Madiun Sugeng Sumarno SH, Kakesbangpoldagri Drs Agus Budi Wahyono M.Si, Pimpinan Asosiasi Profesi/Badan Usaha Jasa Pengamanan, Pimpinan Organisasi masyarakat, Perusahaan serta Instansi dan Lembaga Pemerintah.

Tema peringatan HUT Satpam ke 39 ini adalah “ Satuan Pengamanan Berbasis Kompetensi Mewujudkan SDM Unggul Untuk Terciptanya Situasi Kamtibmas Yang Kondusif DannTerjaminnya Keamanan Di Lingkungan Kerja Menuju Indonesia Maju “.

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Madiun AKBP Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M. H tersebut dan diikuti oleh Pejabat Utama Polres Madiun, Kapolsek jajaran, bintara Polres Madiun, Dishub dan Satpol PP, Senkom, Banser, Saka Bhayangkara serta seluruh Satpam yang ada di Kabupaten Madiun.

Dalam sambutannya yang membacakan amanat Kapolri, AKBP Ruruh Wicaksono mengatakan bahwa selaku pimpinan tertinggi di Kepolisian, Kapolri mengucapkan selamat ulang tahun ke-39 kepada seluruh anggota Satpam, dimanapun bertugas serta mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh anggota Satpam, pimpinan Badan Usaha Jasa Pengamanan, pengurus Asosiasi Jasa Pengamanan, serta segenap stakeholders terkait lainnya, atas kerja sama sinergis dalam memelihara stabilitas kamtibmas yang kondusif.

“Dalam pelaksanaan tugas di lapangan, Satpam merupakan salah satu mitra utama Polri dalam pemeliharaan kamtibmas. Eksistensi Satpam juga berkontribusi besar mendukung program prioritas pemerintah, khususnya dalam hal memberikan jaminan keamanan terhadap upaya transformasi ekonomi yaitu peningkatan investasi dan cipta lapangan kerja yang kondusif,” ujar Kapolres.

Mengakhiri amanatnya, Kapolres memberikan 5 penekanan kepada seluruh Satpam untuk dipedomani dan dilaksanakan dalam bertugas yaitu pertama, senantiasa jaga kesehatan dan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Allah SWT, Tuhan YME. “Kedua, Tanamkan kebanggaan dan kehormatan sebagai anggota Satpam, dengan menjunjung tinggi profesionalisme dalam pelaksanaan tugas serta senantiasa memegang teguh kode etik dan profesi Satpam,” Lanjut AKBP Ruruh Wicaksono.

Ketiga, Tingkatkan kesiapsiagaan, sehingga setiap gangguan keamanan di lingkungan kerja dapat ditangani dengan cepat dan tuntas. “Keempat, Terus tingkatkan kompetensi diri, baik melalui pendidikan maupun pelatihan, guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas,” Jelas Kapolres.

Kelima, Kata Kapolres, Tingkatkan kerja sama sinergis dengan jajaran TNI-Polri, stakeholders lain, dan berbagai elemen masyarakat guna memelihara stabilitas keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja, “Gelorakan budaya penanaman pohon di lingkungan kerja dan sekitarnya guna mendukung program penghijauan dan pelestarian alam.” Pungkas AKBP Ruruh Wicaksono.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Madiun juga menyerahkan penghargaan bagi Satpam yang berprestasi. Mereka yang mendapat penghargaan dalam lomba manajemen satpam, yakni Satpam Puspem Kabupaten Madiun, Satpam PT. Jasa Tirta Bening I Saradan, Satpam PT. Perkebunan Kopi Kandangan Kare serta Satpam PLN Rayon Dolopo, Harjito yang telah bertugas selama 10 tahun. (Yah/Gin).

Pewarta : Yahya Ali Rahmawan

Redaktur : Agin Wijaya

  • Bagikan