Tiga Pekan Digelar, Uji Soal MNR 2019 Kabupaten Ponorogo Tembus Puluhan Ribu Peserta

oleh -43 views

PonorogoPortalnews Madiunraya

Tiga pekan lebih digelar, event Uji Soal Matematika Nalaria Realistik (MNR) 2019 dibanjiri sekolah pendaftar. Menurut informasi yang diterima dari tim Klinik Pendidikan MIPA (KPM), tercatat jumlah peserta dari seluruh wilayah Kabupaten Ponorogo mencapai 12.488 peserta. Event yang digelar sejak tanggal 4 Oktober 2019 berhasil menyita perhatian insan pendidikan, khususnya sekolah karena disinyalir membawa segudang manfaat bagi peserta didik maupun sekolah.
“Untuk tahun ini peserta mencapai 12.488 peserta dari 54 lembaga, naik sekitar 25% dari tahun lalu” ungkap Krisbiantoro, S.Pd selaku Penanggung Jawab Uji Soal MNR Kabupaten Ponorogo.
Hal senada juga diungkapkan salah satu guru pembina sekolah peserta, yakni Ibu Hefin Rivia Dwi Julianti, M.Pd yang mengaku meskipun masih dalam suasana Ujian Tengah Semester tak menyurutkan sekolahnya untuk mengikutsertakan semua pelajarnya pada Uji Soal MNR. “Alhamdulillah untuk sekolah kami, MTs Negeri 2 Ponorogo sendiri sudah mengikutsertakan semua siswa sejumlah 1.033 peserta.” ungkapnya.
Bukan tanpa sebab jika kompetisi yang digelar ke-15 kalinya ini menjadi banyak diminati pelajar kelas 1 SD hingga 12 SMA ini. Hal tersebut dinilai para guru dan orang tua tak terlepas dari gagasan brilian Raden Ridwan Hasan Saputra, yakni menguji kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills), di KPM istilah tersebut dinamakan Matematika Nalaria Realistik (MNR). Kemudian, dengan diterapkannya biaya seikhlasnya semakin memudahkan peserta dari berbagai kalangan dapat mengikuti kompetisi karena membayar seikhlasnya sesuai kemampuan.
Terlepas dari dua hal tersebut, KPM juga memberikan hasil pengerjaan siswa berupa analisis data, yang dapat digunakan pihak sekolah untuk melakukan supervisi kemampuan siswa terhadap ilmu matematika.
Bagi para guru dan pelajar yang ingin mengikuti event ini, silakan manfaatkan kesempatan terbatas ini. Event ini akan berlanjut ke Babak Penyisihan tingkat Kabupaten tanggal 24 November 2019, Semifinal tingkat Provinsi tanggal 23 Februari 2020 dan Babak Final tingkat Nasional pada tanggal 12 April 2020. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi PJ Kabupaten Ponorogo (081335468248). (Aji/Gin).

Pewarta : Aji Pangestu

Redaktur : Agin Wijaya

Hosting Unlimited Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *