Tingkatkan Kapasitas, Puluhan Jurnalis Ponorogo kunjungi Dewan Pers

oleh -91 views
Puluhan Jurnalis Kabupaten Ponorogo mengunjungi Dewan Pers di Jakarta.
Puluhan Jurnalis Kabupaten Ponorogo mengunjungi Dewan Pers di Jakarta.

Jakarta – Portalnews Madiun Raya

Puluhan Jurnalis cetak maupun elektronik yang biasa meliput kegiatan di Kabupaten Ponorogo melakukan kunjungan ke Dewan Pers di Kebon Sirih, Selasa (01/10).

Menurut Kasubbag Humas Pemkab Ponorogo, Alim Nor Faizin, pihaknya sengaja mengajak jurnalis Ponorogo untuk belajar tentang Jurnalisme lebih dalam ke Dewan Pers. “Selain itu, kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas wartawan, sehingga dalam kinerjanya mereka akan lebih profesional,” ucap Alim, panggilan akrabnya.

Kedepan, lanjut Alim, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Dewan Pers untuk menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) sebagai salah satu metode meningkatkan kapasitas dan kualitas para wartawan. “Dengan demikian, pemberitaan yang menjadi produk pers dapat berkualitas dan informatif sehingga mampu bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Ponorogo dengan baik.” Pungkas Alim.

Sementara, dari Dewan Pers yang diwakili oleh Asep Setiawan, Ketua Komisi Pemberdayaan Organisasi, menjelaskan bahwa Dewan Pers merupakan institusi independen yang bertugas melindungi pekerja media dalam kerjanya. ” Untuk itu, wartawan wajib melengkapi dirinya dengan UKW untuk memperlihatkan kemampuannya apakah dia merupakan Wartawan Muda, Madya atau Utama,” jelas Asep.

Selain pekerja media (wartawan), perusahaan pers juga harus terverifikasi faktual. “Apabila perusahaan pers dan wartawan nya sudah terverifikasi maka dalam kegiatannya akan aman karena dilindungi UU Pers, ini yang harus kita fahami bersama.” Pungkas Asep Setiawan. (Yah/gin).

Pewarta : Yahya Ali Rahmawan

Redaktur : Agin Wijaya

Hosting Unlimited Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *