Tingkatkan Kompetensi, LKBN Antara dan Dewan Pers berikan Ilmu Jurnalistik kepada Wartawan Kota Madiun

oleh -31 views
Suasana Diskusi tentang Jurnalisme di Hotel Aston Rasuna Jakarta. (Foto-Yahya AR)
Suasana Diskusi tentang Jurnalisme di Hotel Aston Rasuna Jakarta. (Foto-Yahya AR)

JakartaPortalnews Madiun Raya

Untuk meningkatkan kompetensi dalam kerja jurnalistiknya, puluhan wartawan Kota Madiun mengikuti diskusi di Hotel Aston Rasuna Jakarta, Jum’at (20/09).

Diskusi tersebut menghadirkan Redaktur Pelaksanaan LKBN Antara, Budi Setiawanto dan Wakil Ketua Dewan Pers, Hendry CH Bangun.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kominfo Kota Madiun, Subakri, pihaknya berupaya meningkatkan kompetensi wartawan. “Wartawan adalah mitra Pemerintah Kota Madiun, untuk itu, kompetensi wartawan sangat diperlukan dalam kinerjanya, sehingga berita yang menjadi produk kerja wartawan dapat berkualitas, kredibel dan berimbang,” ucap Subakri.

Sementara dalam paparannya, Budi Setiawanto menekankan Wartawan dan Media tempat bekerjanya memiliki sertifikasi dari Dewan Pers. “Saat ini banyak wartawan dan perusahaan media yang belum memiliki sertifikasi, apalagi tugas wartawan merupakan kontrol sosial, maka kualitas dan kompetensi wartawan sangat diperlukan, Uji Kompetensi Wartawan sangat diperlukan dalam hal ini,” terang Budi.

Wartawan yang kompeten itu, lanjut Budi adalah sosok jurnalis yang menyampaikan hal baik dengan baik. “Dan menyampaikan hal kurang baik dengan cara yang baik.” Pungkas Budi Setiawanto.

Sementara, Hendry CH Bangun, Wakil Ketua Dewan Pers, pihaknya banyak menerima laporan gugatan berita dari berbagai pihak. “Tugas Dewan Pers adalah melindungi pekerja jurnalistik termasuk perusahaan media, untuk itu diperlukan sertifikasi baik jurnalisnya maupun perusahaan media karena apabila ada laporan terkait keberatan tentang pemberitaan maka kita yang menyelesaikan, sedangkan UU ITE adalah kewenangan penegak hukum.” Urai Hendry.

Untuk itu, lanjut Hendry, Dewan Pers mempermudah sertifikasi. “Sekarang serba online, termasuk sertifikasi perusahaan media, bisa didaftarkan secara online.” Pungkasnya.

Para Jurnalis Kota Madiun terlihat bersemangat dalam mengikuti diskusi tersebut, beberapa pertanyaan disampaikan kepada pemateri. (Yah/Gin).

Pewarta : Yahya Ali Rahmawan

Redaktur : Agin Wijaya

Hosting Unlimited Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *