UMPO FOKUS TINGKATKAN KUALITAS SDM, MENUJU BUMDES YANG BERKONTRIBUSI

oleh -57 views
Pelatihan peningkatan SDM dalam pengelolaan BUMDes
Pelatihan peningkatan SDM dalam pengelolaan BUMDes

Ponorogo – Portalnews Madiun Raya

Universitas Muhammadiyah Ponorogo melalui salah satu Tim Pengabdi dalam Program Kemitraan Masyarakat Masyarakat berkomitmen untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pada organisasi usaha BUMDES Anugrah Jaya Desa Wonoketro Jetis Ponorogo. Dengan menggelar pelatihan dan workshop dengan tema Peningkatan Kualitas SDM melalui Penguatan Aspek Manajerial dan E-Commerce yang dilaksanakan pada 13-14 Juli 2019. Kegiatan ini didanai oleh RISTEKDIKTI dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM) pada pendanaan tahun 2019 ini menekankan beberapa poin yang disampaikan, diantaranya adalah memberi motivasi kepada para peserta yang berasal dari pihak pemerintah desa, pendamping desa, pihak pengelola BUMDES serta pelaksana BUMDES. Adalah Gunung Wiryanto, salah satu tokoh Pembina BUMDES tingkat Nasional hadir sebagi salah satu pemateri untuk menjelaskan banyak hal tentang BUMDES, mulai dari dasar hukum, arah dan tujuan serta faktor pendorong kemajuan BUMDES.
Beliau juga menyampaikan tentang strategi menggali potensi desa, yang nantinya menjadi salah satu dasar membuat perencanaan usaha BUMDES. Peserta juga diberikan materi tentang penggunaan software aplikasi keuangan dan pemanfaatan E-Commerce. Sujiono, selaku Ketua Tim Pengabdi mengatakan, “Kami memilih tema dalam pelatihan ini dengan melihat situasi permasalahan yang muncul di BUMDES Anugrah Jaya, yakni belum tertatanya manajemen organisasi, kurangnya strategi dalam menggali potensi desa serta belum optimalnya pencatatan keuangan dan pemasaran produk. Kami berharap ada peningkatan setelah ini”.
Lebih lanjut, Nanang selaku Pengelola BUMDES Anugrah Jaya menjelaskan bahwa bukan besarnya modal dari Pemdes yang menjadi penghambat kemajuan BUMDES, tapi permasalahan SDM yang mengelola sangat penting untuk terus diberikan pembenahan.
“Permasalahan BUMDES menjadi suatu hal yang tidak mudah. Perlu kerjasama yang baik dari Pengelola, Pemerintah, akademisi serta lebih utama adalah peran masyarakat. Jika sebuah desa memiliki BUMDES yang maju, maka tidak lain adalah pihak Desa yang akan sangat diuntungkan. Hal ini karena desa tak lagi bergantung dari dana pemerintah untuk kegiatan operasional, tapi memperoleh dana swadaya dari badan usaha yang dimiliki”, kata Gunung Wiryanto.
Ke depan, Tim Pengabdi akan melakukan pendampingan untuk mengawasi perkembangan kinerja SDM BUMDES Anugrah Jaya.

Pewarta : Aji Sudrajat

Redaktur : Agin Wijaya

Hosting Unlimited Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *