Gapura Songgolangit Desa Crabak diresmikan Bupati

oleh -66 views
Bupati Ponorogo dan Kepala Desa Crabak, Danang Wijayanto saat akan meresmikan Gapura Songgolangit
Bupati Ponorogo dan Kepala Desa Crabak, Danang Wijayanto saat akan meresmikan Gapura Songgolangit

Ponorogo – Portalnews Madiun Raya

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni meresmikan Gapura Songgolangit di Desa Crabak Kecamatan Slahung Ponorogo, Ahad malam, (25/08).

Gapura Songgolangit di Desa Crabak merupakan gapura dengan patung Songgolangit yang sangat besar.
Bupati Ipong Muchlissoni dalam sambutannya sangat terkesan dengan gapura tersebut. “Ini sangat luar biasa, karena di Ponorogo hanya disini ada gapura yang bagus dan megah seperti ini, apalagi ada tokoh sejarah Dewi Songgolangit yang menjadi ikonnya,” ucap Bupati Ponorogo.

Saya berharap, kreasi seperti ini bisa diikuti oleh desa yang lain sehingga Ponorogo bisa kaya budaya dan ikon wisata, sambungnya.

“Selamat kepada masyarakat Desa Crabak, semoga bisa menambah daya tarik Desa Crabak untuk menjadi desa yang mandiri.” Pungkas Bupati Ipong Muchlissoni.

Sementara Kepala Desa Crabak, Danang Wijayanto menjelaskan Gapura Songgolangit dan patung reyog lengkap di bangun dengan ukuran 4,1/4 meter. “Gapura Patung Songgolangit dan Reyog yang lengkap itu dibangun dengan ukuran raksasa itu di tangani oleh team ahli dari tiga Kabupaten yang ada di Jawa Timur yaitu, Surabaya, Mojokerto dan Kediri,” ucapnya.

Danang Wijayanto menyebutkan bahwa pembangunan gapura itu merupakan ikon Desa Crabak. “Selain budaya, ini sekaligus memberikan pelajaran sejarah tentang Dewi Songgolangit dan Reyog Ponorogo kepada generasi muda.” Pungkas Danang.

Kegiatan peresmian tersebut dihadiri Wabup Soedjarno yang merupakan putra kelahiran Desa Crabak Slahung dan Forpimka Slahung serta dimeriahkan dengan Seni Reyog Ponorogo dan Seni Jaranan Kreasi dari Desa Crabak. (Yah/gin).

Pewarta : Yahya

Redaktur : Agin

Hosting Unlimited Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *