Meriah, Festival Tengah Sawah di Desa Tanjungrejo, Badegan

oleh -200 views
Kades Tanjungrejo, Mulyadi, menerima potongan Tumpeng dari Bupati Ponorogo
Kades Tanjungrejo, Mulyadi, menerima potongan Tumpeng dari Bupati Ponorogo


Ponorogo – Portalnews Madiun Raya

Bupati Ponorogo menghadiri kegiatan masyarakat Desa Tanjungrejo Kecamatan Badegan yaitu Festival Tengah Sawah di persawahan Genggong, Rabu (14/08).

Menurut Kepala Desa Tanjungrejo, Mulyadi, kegiatan tersebut merupakan kegiatan tahunan yang digelar setiap bulan Agustus. “Ini adalah bentuk rasa syukur masyarakat Desa Tanjungrejo atas panen raya yang melimpah ditempat kami dengan melakukan sedekah bumi,”ucap Kades Tanjungrejo tersebut.
Adapun kegiatan sedekah bumi ini dipusatkan di Dusun Genggong Desa Tanjungrejo dengan melakukan kegiatan kenduri masal yang diikuti oleh ribuan warga, kirab tumpeng 1000 encek dan karawitan di tengah sawah, sambung Mulyadi.
“Selain sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas panen yang berhasil, kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 74, semoga dengan kegiatan ini masyarakat Desa Tanjungrejo bisa Guyup Rukun Mbangun Deso.” Pungkas Kepala Desa Tanjungrejo.
Sementara dalam sambutannya, Bupati Ipong Muchlissoni mengapresiasi kegiatan budaya yang dilakukan oleh masyarakat Desa Tanjungrejo itu. “Sebagai Bupati, saya berterimakasih atas terselenggaranya kegiatan ini. Saya berharap kegiatan positif seperti ini dapat terus dilakukan untuk menciptakan persatuan dan kesatuan warga masyarakat Desa Tanjungrejo,” ucap Bupati Ponorogo itu.
Kegiatan seperti ini bisa menjadi wisata budaya yang bisa bersinergi dengan visi dan misi Ponorogo berbenah menuju Ponorogo yang berbudaya, nasionalis dan religius, sambung Bupati Ipong Muchlissoni.
“Selamat berpesta dalam budaya yang dikemas dengan baik, terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini.” Pungkas Bupati Ipong Muchlissoni.
Acara tersebut diakhiri dengan kenduri dengan memakan tumpeng yang telah dibawa. Selain itu juga digelar lomba tumpeng hias dan gardu yang dibuat dari Damen atau batang padi. Selain Bupati, Forkopimcam Badegan dan Kepala OPD Ponorogo juga hadir dalam kegiatan itu. (Yah/Gin)

Pewarta : Yahya

Redaktur : Agin

Hosting Unlimited Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *