Rame, Pendaftar Cakades Kasihan 6 orang

oleh -309 views
Pj Kades Kasihan, Tri Wiyarto Endro Yuono saat diwawancarai
Pj Kades Kasihan, Tri Wiyarto Endro Yuono saat diwawancarai

Pacitan – Portalnews Madiun Raya

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang dilakukan secara serentak di 112 desa di Kabupaten Pacitan mendapatkan antusiasme warga untuk mendaftar sebagai calon Demang atau pemimpin di desanya masing-masing.

Seperti yang terjadi di Desa Kasihan Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan, Pilkades didesa yang terletak 41 km dari pusat kota Pacitan itu ramai diikuti pendaftar Calon Kepala Desa (Cakades).

Menurut PJ Kepala Desa Kasihan, Tri Wiyarto Endro Yuono, SH, di Desa Kasihan sampai dengan hari terakhir pendaftaran hari Senin (05/08) lalu, ada 6 calon kepala desa yang mendaftar. “Ada 6 warga Desa Kasihan yang mendaftar, mereka adalah Fatchurohman (Pensiunan Kecamatan), Masduki (Pegawai Dinas Kesehatan), Sudirno (Incumbent), Danuri (Swasta), Susianto (Pensiunan Guru), dan Mujid (Swasta),” terang Endro, panggilan akrabnya kepada Portalnews Madiun Raya.

Menurut Endro, yang mewakili Panitia Pilkades Kasihan, akan ada test untuk menentukan Calon Kepala Desa (Cakades) Kasihan. “Sesuai Perbup, maksimal Calon Kepala Desa adalah 5 calon, karena ini ada 6 calon maka akan ada test untuk mereka, satu orang yang memiliki nilai terendah akan tereliminasi,”ujar Endro.

Adapun test yang akan diberikan kepada mereka adalah tentang Pancasila dan UUD 1945, Pengetahuan Umum dan Pemerintah Desa, itu memiliki 75% penilaian, dan 25 % pengabdian kepada masyarakat, sambungnya.

“Saya mewakili Panitia Pilkades, bahwa test nanti bersifat netral, transparan dan tegas, karena ini politik. Bila tidak begitu akan menimbulkan masalah. Kita berharap Pilkades Desa Kasihan berjalan lancar dan sukses serta menghasilkan pemimpin yang berkualitas untuk kemajuan Desa Kasihan.” Pungkas Endro.

Sementara saat diwawancarai, Susianto, salah seorang kontestan Pilkades Kasihan mengatakan bahwa dirinya diminta masyarakat untuk mengabdi kepada desanya. “Bagaimanapun juga Desa Kasihan adalah tanah kelahiran saya, begitu ada permintaan dari masyarakat saya siap bekerja sama untuk membangun desa ini, semoga Pilkades nanti berjalan fair, transparan dan masyarakat bisa menggunakan hak demokrasi nya dengan baik.” Ucap Pensiunan Guru itu.

Pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Pacitan akan diselenggarakan pada tanggal 14 Oktober 2019. Di Kecamatan Tegalombo, Desa Kasihan memiliki pendaftar terbanyak yaitu 6 orang, sementara di desa lain berkisar 2 – 3 calon. (Yah/gin)

Pewarta : Yahya

Redaktur : Agin

Hosting Unlimited Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *