Kades Bringinan akan utamakan pemberdayaan masyarakat

oleh -78 views
Kades Bringinan, Barno, usai dilantik Bupati Ponorogo
Kades Bringinan, Barno, usai dilantik Bupati Ponorogo


Ponorogo – Portalnews Madiun Raya

Kepala Desa Bringinan Kecamatan Jambon Ponorogo, Barno, akan mengutamakan pemberdayaan masyarakat diperiode kedua masa kepemimpinannya.
Hal itu disampaikan Barno disela sela pelantikannya sebagai Kades Bringinan oleh Bupati Ipong Muchlissoni, Jum’at (14/06).
Menurut Kades Gaul, sebutan akrabnya, dengan pemberdayaan akan membuat masyarakat menjadi cerdas dalam menghadapi berbagai keadaan. “Pemberdayaan yang dilakukan adalah meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), sehingga apabila mereka menjadi petani maka akan menjadi petani yang pintar, menjadi pedagang yang pintar dan yang lainnya,” ucapnya kepada Harian Bangsa.
Diperiode pertama, saya aktif membuat perpustakaan desa, disana banyak buku pelajaran, buku pertanian, buku peternakan dan buku keahlian yang lain, selain itu akses internet masuk desa akan kita buat di masa kedua kepemimpinan saya ini, sambung Barno.
“Kita akan mengadakan berbagai pelatihan yang kita tujukan secara spesifik sehingga ilmu yang diberikan bisa bermanfaat dan langsung bisa diaplikasikan. Selama ini, Desa Bringinan menjadi jujugan daerah lain untuk belajar membuat pupuk organik, hal itu akan kita tingkatkan sehingga pupuk organik Desa Bringinan menjadi komoditas yang menguntungkan,” lanjut Barno.
Kades Bringinan tersebut juga menyebutkan bahwa berbagai program yang ada akan terus dilanjutkan sepeti Kartu Bringinan Sehat, Kartu Bringinan Pintar, Bringinan Bebas Gila, Bringinan Bebas Satru, selain itu pembangunan infrastruktur juga akan tetap dilakukan utamanya yang mendukung program pertanian seperti embung dan sumur dalam. “Kita targetkan, tahun 2040, Desa Bringinan menjadi desa yang maju seperti Desa Ponggok di Klaten.” Pungkas Barno. (Yah/gin)

Pewarta : Yahya

Redaktur : Agin

Hosting Unlimited Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *