Kembangkan Tanaman Porang, Dahlan Iskan kunjungi Selur Ngrayun

oleh -520 views

Ponorogo – Portalnews Madiun Raya

Tokoh media, Dahlan Iskan mengunjungi Desa Selur, Kecamatan Ngrayun Ponorogo pada Selasa, (30/04).

Dahlan bersama rombongan melihat budidaya tanaman Porang yang ada ditempat tersebut.

Dalam keterangannya, Dahlan menyampaikan bahwa dahulu dia menganjurkan orang untuk menanam Porang. “Namun kini saya yang harus belajar kepada para petani disini. Ternyata Porang sudah menjadi tanaman komersial dan bukan lagi menjadi tanaman sela,” ucap Dahlan.

Dahlan juga mengaku kalah dengan petani setempat yang bisa menghasilkan Porang 30 ton / ha. “Pengetahuan saya selama ini jauh dari itu. Paling hanya 10 ton / hektar, jadi saya kalah dengan mereka.” Kata Dahlan Iskan.

Sementara, Kepala Desa Selur, Suprapto, pihaknya mengaku senang dengan kedatangan tokoh sekaliber Dahlan Iskan di desanya. “Terima kasih atas kunjungan Bapak Dahlan Iskan ke Desa Selur dalam rangka pengembangan program pertanian Porang. Semoga kehadirannya membawa berkah untuk masyarakat kami,” ucap Suprapto.

Suprapto juga menjelaskan apa itu tanaman Porang. “Dari sisi penampilan, tanaman porang atau iles-iles serupa dengan suweg dan walur yang mudah ditemui di pekarangan terutama di desa-desa. Bedanya porang dengan dua tanaman itu terletak pada adanya buah di cabang tangkai daun,” jelasnya.

Porang hanya bisa tumbuh di bawah pepohonan penyangga seperti pohon jati. Ia akan gagal tumbuh di area persawahan. Tanaman ini, ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan, sambungnya.

“Umbi yang tertanam di dasar tungkai yang bisa diproduksi dan diolah menjadi produk kesehatan dan kecantikan.” Pungkas Suprapto. (Yah)

Hosting Unlimited Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *