Atasi kesulitan rakyat, RTLH ke 15 akan dilakukan Kodim 0802/Ponorogo

  • Bagikan

Ponorogo,- Portalnews Madiun Raya

Dalam pelaksanaan tugas pokoknya, satuan Kodim 0802/Ponorogo menerapkan metode pembinaan teritorial yang telah digariskan oleh Komando Atas. Dalam pelaksanaan kegiatan Bakti TNI, satuan ini memiliki tujuan agar kegiatan yang dilaksanakan dapat secara langsung menyentuh kepentingan rakyat Kabupaten Ponorogo.

Hal ini diaplikasikan oleh satuan Kodim 0802/Ponorogo melalui berbagai kegiatan yang bersifat terprogram maupun non program serta kegiatan kreatif. Saat ini satuan Kodim 0802/Ponorogo berkesempatan untuk mempertajam pelaksanaan kegiatan bakti TNI yang secara langsung dapat menyentuh kepentingan rakyat berupa kegiatan rehab rumah tidak layak huni (RTLH) ke XV kerjasama Pemprov Jatim dengan Kodam V/Brw.

Oleh satuan Kodim 0802/Ponorogo, kegiatan ini dijadikan sebagai salah satu kegiatan unggulan satuan, dimana satuan Kodim 0802/Ponorogo memiliki sarana, ruang dan waktu untuk mencapai tujuan kegiatan bakti TNI yang dilaksanakan. Sesuai alokasi, satuan Kodim 0802/Ponorogo dapat melaksanakan rehab RTLH bagi keluarga tidak mampu di wilayah Kabupaten Ponorogo sejumlah 703 RTLH.

Kegiatan yang telah dimulai sejak beberapa minggu yang lalu ini selain dapat secara langsung mengatasi kesulitan rakyat, juga sebagai salah satu sarana untuk memelihara budaya gotong royong yang melibatkan Apkowil Kodim 0802/Ponorogo, para perangkat desa/kelurahan dan warga masyarakat untuk secara bersama-sama menyelesaikan rehab RTLH.

Seperti pelaksanaan kegiatan rehab RTLH yang dilaksanakan sebelumnya, walaupun semua kebutuhan material telah didukung oleh Komando Atas, beberapa kendala masih dialami dalam pelaksanaan di lapangan. Pada umumnya kendala yang dialami bersumber faktor geografi dan bencana alam, namun melalui semangat binter yang dimiliki oleh Apkowil Kodim 0802/Ponorogo yang didukung semangat membangun dari komponen masyarakat, kendala-kendala yang terjadi di lapangan dapat diatasi dengan baik.

Seperti halnya yang dialami salah satu sasaran rehab RTLH di wilayah Koramil 0802/01 Ponorogo, pada sasaran rehab milik ibu Suminem (67 tahun) di RT 03 RW 02 Kelurahan Paju yang mengalami kendala berupa bencana alam. Ibu Suminem adalah seorang janda yang hidup sebatangkara, untuk mencukupi kebutuhan makan sehari-hari ia bekerja sebagai buruh pasar dalam usianya yang sudah tidak muda lagi. Untuk melaksanakan perbaikan rumahnya yang sebagian besar terbuat dari bambu yang telah mulai lapuk dimakan usia, ia tidak memiliki biaya. Dan yang membuat kondisi menjadi lebih miris lagi, saat ini ia sering menderita sakit karena faktor usia.

Babinsa Paju Koramil 0802/01 Ponorogo Kopda Hayis Subroto memiliki perhatian tersendiri kepada ibu Suminem ini, pada kesempatan yang ada ia selalu menyempatkan diri untuk singgah ke rumah ibu Suminem sekedar untuk memastian ibu Suminem dalam kondisi sehat. Maka saat satuan Kodim 0802/Ponorogo memiliki tugas kegiatan rehab RTLH, ia memprioritaskan melaksanakan rehab rumah milik ibu Suminem.

Salah satu bentuk prioritas yang dilaksanakan Babinsa Koramil 0802/01 Ponorogo ini adalah mendahulukan rehab RTLH milik ibu Suminem pada kesempatan pertama. Bersama lingkungan Dusun Prayungan Kelurahan Paju, ia melaksanakan rehab rumah ibu Suminem selama 14 hari dan telah jadi 100%. Rumah ibu Suminem semula berbahan bambu yang sudah mulai lapuk, saat selesai direhab menjadi rumah yang layak huni dan nyaman untuk ditinggali.

Namun, satu minggu setelah rumah ibu Suminem dilaksanakan rehab terjadi bencana alam berupa meluapnya sungai Paju yang merendam lingkungan RT 03 RW 02 Dusun Prayungan Kelurahan Paju termasuk rumah milik ibu Suminem. Setelah melaksanakan evakuasi ibu Suminem ke lokasi penampungan pengungsi bersama warga yang lain, Kopda Hayis Subroto secara intensif memantau kondisi rumah yang baru saja direhab ini. Setelah air surut, ia segera memeriksa rumah ibu Suminem yang dipenuhi endapan lumpur setinggi 10 cm, lantai teras retak karena pondasi depan tergerus air dan cat rumah pun yang semula berwarna krem berubah menjadi cokelat karena lumpur.

Setelah melaporkan kondisi rumah hasil rehab RTLH kepada Danramil 0802/01 Ponorogo, ia segera menentukan tindakan selanjutnya yaitu memperbaiki kembali rumah ibu Suminem. Perbaikan rumah diawali dengan pembersihan endapan lumpur dari lantai rumah yang dibantu beberapa orang personel Koramil 0802/01 Ponorogo. Selanjutnya melaksanakan pembersihan lumpur yang menempel di dinding untuk selanjutnya dilaksanakan perbaikan hingga rumah milik ibu Suminem ini dapat kembali layak huni.

Ditemui di sela-sela kegiatannya meleksanakan perbaikan rumah milik ibu Suminem, Kopda Hayis Subroto mengungkapkan bahwa, “Rumah milik ibu Suminem ini telah selesai kami laksanakan rehab bersama dengan warga masyarakat lingkungan RT 03 RW 02 Dusun Prayungan. Namun seperti yang kita ketahui, selama dua hari ini rumah ibu Suminem terrendam air luapan Sungai Paju dan mengakibatkan kerusakan pada beberapa bagian, antara lain lantai rumah dan cat dinding.”ucapnya.

Lebih lanjut Babinsa Koramil 0802/01 ini menuturkan bahwa, “Bersama dengan para Apkowil Koramil 0802/01 Ponorogo kami akan mengembalikan kondisi rumah ibu Suminem seperti saat selesai direhab. Kami awali dengan pembersihan lantai, mencuci dinding dan memeriksa bagian bagian yang mengalami perubahan struktur. Selanjutnya kami akan melaksanakan perbaikan pondasi teras depan, memperbaiki retakan lantai dan melaksanakan pengecatan ulang dinding rumah ini. Target kami sebelum ibu Suminem kembali dari lokasi pengungsian rumah ini telah siap untuk dihuni kembali,” pungkasnya. (Dim/gin)

  • Bagikan